Kenali Perbedaan Subwoofer Kolong Vs Subwoofer Box Sebelum Memutuskan

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu mengenai subwoofer kolong vs subwoofer box. Secara garis besar keduanya adalah speaker yang biasanya digunakan di mobil. Adanya audio ini pastinya akan sangat membantu untuk memberikan kenyamanan ketika mendengarkan musik di dalam mobil. Subwoofer ini terbagi menjadi dua jenis dan berikut adalah beberapa perbedaannya.

Kenali Perbedaan Subwoofer Kolong Vs Subwoofer Box Sebelum Memutuskan

subwoofer kolong vs subwoofer box

Adanya subwoofer di dalam mobil pastinya akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika menggunakannya. Untuk subwoofer kolong ini adalah pilihan sepaker yang cocok untuk Anda gunakan jika tidak memiliki ukuran mobil yang terlalu besar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis speaker ini ketika memiliki mobil dengan ruang speaker yang kecil. Jika dilihat dari segi bentuknya, subwoofer kolong ini cukup tipis. Selain itu dalam segi cara instalasinya juga akan lebih mudah jika dibandingkan dengan subwoofer box.

Dalam hal pemasangannya Anda bahkan hanya dengan meletakkan subwoofer kolong yang terletak di bagian bawah bangku dan mencolokkannya. Hal ini tentunya cukup berbeda dengan subwoofer box.

Untuk Subwoofer box memang Anda memerlukan waktu pemasangan yang lebih lama dan juga sedikit lebih rumit. Selain itu, subwoofer box ini juga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pasif dan aktif yang tentunya memiliki perbedaan masing-masing.

Dari segi power Subwoofer box aktif juga bisa dibilang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Subwoofer ini biasanya ada yang memiliki tipe sudah bisa dipasang langsung namun memiliki bentuk yang juga lebih besar dibandingkan subwoofer kolong.

Karena ukuran subwoofer kolong vs subwoofer box yang sangat berbeda berarti Anda memerlukan space yang berbeda untuk pemasangannya. Untuk jenis subwoofer box pasif, instalasinya harus dilakukan dengan cara menghitung volume dan ukuran ruang instalasinya.

Ada beberapa jenis bentuk yang biasanya banyak digunakan, seperti tube, kubus, wedge dan pemilihannya bisa yang disesuaikan dengan selera masing-masing penggunanya. Namun saat memilihnya Anda juga perlu memperhatikan ukuran ruang yang tersedia dalam mobil yang dibutuhkan untuk memasangnya.

Jika dilihat dari kualitas dentumannya, akan lebih baik memilih menggunakan subwoofer box pasif atau aktif daripada menggunakan subwoofer kolong. Subwoofer kolong ini akan lebih cocok jika digunakan untuk kebutuhan yang casual saja. Dalam kata lain yang lebih sederhana hanya sebagai pelengkap bagian midbassnya saja.

Namun untuk hasil suara subwoofer kolong vs subwoofer box online yang lebih maksimal memang harus dilakukan perhitungan ukuran volume yang lebih tepat juga. Hal ini karena bisa berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Bahkan jika kurang tepat, bisa saja suara yang keluar justru akan melempem.

Demikianlah beberapa perbedaan antara subwoofer kolong vs subwoofer box yang sangat penting untuk diketahui. Tujuannya agar Anda tidak kaget dengan hasil suara dari subwoofer tersebut setelah menentukan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *