Tips merawat motor tua

Membicarakan mengenai motor tua, yang dibenak pemikiran hanyalah ada gambaran motor yang memiliki model klasik, kurang terawat dan memiliki mesin yang performanya jelas sudah menurun. Jangan salah, semua tergantung dari perawatan oleh pemiliknya. Jika pemilik memberikan perawatan yang baik, motor ini akan terlihat unik dan membuat iri bagi setiap orang yang melihatnya.

Mengenai motor tua yang diberikan perawatan oleh pemiliknya, akan memberikan harga jual yang tinggi. Motor yang memiliki nilai artistik dan estetika ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda yang memberikan perawatan. Jika dibandingkan dengan model motor terbaru saat ini, memang kalah dari segi kecanggihan komponen mesinnya. Jangan khawatir, Anda bisa memberikan sedikit modifikasi pada bagian komponen-komponen mesin yang memiliki pengaruh besar pada motor tua. Agar motor memiliki kenyamanan pada saat dikendarai. Mungkin Anda masih ragu dan bingung mengaplikasikan perawatan pada motor tua, berikut ini ada beberapa tips merawat motor tua yang akan disajikan untuk Anda.

Tips merawat motor tua

  • Lakukan servis berkala
    Servis pada motor, bisa dilakukan dengan mengganti oil dalam 1000-3000 km. Selain itu, mengecek komponen-komponen pada mesin yang sudah aus, untuk diperbarui agar performa mesin motor bisa normal kembali.
  • Pengecekan kelistrikan motor
    Cek accu dan busi pada motor tua kesayangan Anda. Jika pada komponen accu dan busi terjadi kerusakan atau aus, segeralah Anda mengganti dengan yang baru. Hal ini harus diperhatikan, untuk menjaga performa motor dan kenyamanan pada saat dikendarai.
  • Cek volume bahan bakar
    Perhatikan volume bahan bakar motor Anda, minimal sepermpat dari volume tangki motor, hal ini untuk mengcegah terjadinya pengembunan dalam tangki yang bisa menyebabkan munculnya uap air di dalam tangki. Uap air kan memberikan banyak kadar air yang bisa tercampur dalam bensin, yang akhirnya dapat berpengaruh pada sistem pembakaran motor Anda, menjadi tidak normal.
  • Perhatikan bagian Eksterior atau bagian luar motor
    Untuk mempercantik tampilan motor tua Anda, bisa diaplikasikan cat dengan warna menarik atau sesuai dengan konsep yang Anda pilih. Berikan beberapa modifikasi pada bagian velg, roda, dan beberapa assesoris tambahan untuk menjadikan motor tua Anda menjadi nampak cantik dan klasik.

Demikian mengenai pembahasan tentang tips merawat motor tua, selain Anda bisa mengikuti tips yang tertera di atas, Anda juga bisa mencari referensi dari ahli atau montir yang mengerti perawatan pada motor tua. Semoga isi dari artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang telah menyempatkan waktunya untuk menyimak isi dari artikel tips merawat motor tua. Selain tips merawat motor tua, Anda juga bisa membaca tips perwatan motor matic.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *