Tips merawat mobil agar awet alias tidak cepat rusak

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang banyak memiliki manfaat atau multifungsi. Dibandingkan dengan motor, mobil lebih melindungi keselamatan Anda, serta memberikan kenyamanan lebih bagi Anda. Dengan mengendarai mobil, otomatis Anda akan terhindar dari hujan dan panasnya terik matahari. Terutama pada mobil terbaru yang sudah dilengkapi fasilitasnya, akan memudahkan Anda mengendarainya serta kenyamanan yang Anda dapatkan saat di dalam mobil.

Dengan dilengkapi fasilitas yang memadai, serta memberikan nilai kenyamanan lebih. Bukan berarti Anda tidak merawatnya. Jika mobil tidak terawat dengan baik, akan mengakibatkan kerusakan dan Anda memerlukan biaya yang besar dalam perbaikannya. Rawatlah mobil Anda dengan servis yang telah dianjurkan oleh dealer setiap bulan atau dua bulan sekali. Untuk menjaga performa serta kenyamanan saat dikendarai. Berikut ini ada beberapa tips merawat mobil agar awet.

Tips merawat mobil agar awet alias tidak cepat rusak

  • Rutin servis mesin dan oil
    Dalam perawatannya, Anda wajib melakukan servis mesin serta ganti oil untuk menjaga performa mesin mobil. Dengan servis yang rutin maksimal jarak 5000-10000 km, mobil Anda akan selalu berada pada performa yang baik.
  • Hindari kehabisan bahan bakar
    Cek tachometer bensin pada spedometer mobil, jangan sampai kehabisan bensin disaat Anda mengendarainya. Dikarenakan akan mengganngu sistem kerja saluran pembakaran serta mengganggu performa mesin. Apalagi mobil dengan model injeksi, mobil jenis ini sangat rentan terjadinya gangguan mesin jika sampai kehabisan bahan bakar.
  • Hindari pengendaraan dengan kecepatan tinggi
    Jika mobil Anda merupakan jenis mobil keluarga, atau bisa dibilang bukan jenis mobil sport, lebih baik hindari pengendaraan dengan kecepatan tinggi. Dikarenakan akan mempengaruhi sistem mesin yang tidak dirancang untuk performa balap. Mesin akan lebih cepat panas yang akan berpengaruh pada bagian mesin radiator, air radiator akan lebih cepat terserap habis. Sehingga tidak bisa mengontrol keseimbangan masa panas mesin mobil tersebut.

Dari beberapa ulasan mengenai tips merawat mobil agar tidak cepat rusak di atas, sedikit banyak akan membantu Anda dalam melakukan perawatannya. Hindari hal-hal yang bisa berdampak negatif pada mesin mobil, agar mobil selalu dalam performa mesin yang bagus, serta akan membawa kenyamanan pada saat Anda kendarai. Selain beberapa tips di atas yang harus Anda hindari, lakukan pula konsultasi kepada montir yang lebih ahli, mengenai hal yang perlu dihindari dalam merawat mobil serta menjaga kualitas mesin mobil.

Semoga tips merawat mobil di atas dapat berguna bagi pembaca blog ini. Selain itu bagi pemilik mobil matic dapat juga membaca mengenai Perawatan Mobil Matic Vs Manual Untuk Pengguna Profesional.


, , Tips dan Trik
Admin July 6, 2014 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *