Tips merawat ban mobil agar awet

Mobil memiliki bagian-bagian tertentu yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing yang sudah didesain dan disesuaikan dengan fungsi kerjanya oleh bagian pabrik pembuatan mobil. Salah satu contoh adalah ban pada mobil, ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada setiap kendaraan yang memiliki fungsi membantu memperlancar jalannya kendaraan. Oleh karena itu, ban juga harus dirawat agar tidak cepat aus, yang nantinya akan berpengaruh besar dalam memberikan kenyamanan bagi pengendaranya.

Jika Anda mengendarai mobil dengan ban yang sudah aus, performa ban akan sedikit berkurang dan bisa membahayakan pengendaranya. Misalnya, pada ban mobil yang sudah halus, akan berpengaruh pada sistem pengereman mobil. Ban yang halus cenderung licin saat digunakan, dikarenakan bahan karet yang terkandung pada ban sudah tidak mampu memberikan fungsinya dengan baik. Bisa berbahaya kan, jika sudah mempengaruhi sistem kerja komponen mobil lainnya? Berikut ini ada beberapa tips merawat ban mobil agar awet yang bisa membantu Anda untuk mempermudah cara perawatannya.

Tips merawat ban mobil agar awet

  1. Sesuaikan ukuran ban dengan velg, hal ini untuk menjaga ban agar pada posisi sempurna. Jika ban dipaksa dipasangkan pada velg yang tidak sesuai, menjadikan ban akan cepat aus.
  2. Selalu perhatikan tekanan angin pada ban mobil Anda, Anda bisa mengeceknya setiap 2 minggu sekali. Jika tekanan angin tidak sesuai dengan ukurannya, akan menjadikan ban cepat aus yang disebabkan gesekan dari velg bagian dalam.
  3. Gunakan angin nitrogen untuk menjaga unmur ban agar lebih tahan lama, dengan menggunakan nitrogen, menjadikan ban mobil Anda terjaga temperatur panasnya. Sehingga ban tetap stabil dan tidak mudah panas.
  4. Rute jalan jiga bisa mempengaruhi tingklat keausan ban. Jika rute jalan lebih halus, tingkat keausan ban cenderung lebih tahan lama. Sebalikny, jika ban mobil sering digunakan pada rute yang tidak rata, dan seringnya terkena benturan, pada ban akan menimbulkan benjolan yang menjadikan tingkat keausan ban lebih cepat.
  5. Lakukan balance pada ban mobil Anda secara rutin, jika ban mobil mengalami ketidakseimbangan, dapat berdampak pada komponen mobil lainnya. Balance pada ban bisa memberikan kestabilan pada fungsi kerja ban tersebut serta menjaga kondisi komponen lainnya agar selalu dalam kondisi normal.

Dengan mempraktikkan beberapa tips merawat ban mobil agar awet di atas, otomatis akan memberikan manfaat pada ban mobil Anda agar lebih awet dan tidak cepat aus. Dengan kondisi ban yang normal, akan berpengaruh terhadap kestabilan komponen mobil lainnya. Mobil yang memiliki komponen normal secara keseluruhan, akan memberikan kenyamanan bagi Anda pada saat berkendara. Semoga isi dari ulasan artikel mengenai perawatan ban mobil di atas akan bermanfaat bagi pembacanya. Terimakasih dan selamat mencoba tips merawat ban mobil.


, Tips dan Trik
Admin June 20, 2014 5 menjaga ban mobil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *