Tips Mengendarai Mobil Matic dan Manual saat Banjir Agar Tetap Aman

Sangat aman bagi pengendara untuk tahu tentang tips mengendarai mobil matic dan manual saat banjir terutama di daerah atau kota yang sering mengalami banjir seperti Jakarta. Saat banjir tentunya pengendara harus mengemudikan mobilnya dengan hati-hati karena apabila tidak bisa membahayakan keselamatan penumpang dan dirinya sendiri. Selain itu mengendarai mobil saat banjir bisa membuat mobil rusak bila tidak hati-hati, apalagi bila air sampai masuk ke bagian dalam mobil. Tentunya hal ini akan merusak seluruh interior mobil anda.

Tips Mengendarai Mobil Matic dan Manual saat Banjir Datang

Tips Mengendarai Mobil Matic dan Manual saat Banjir Agar Tetap Aman

Tips mengendarai mobil matic dan manual saat banjir sangat diperlukan apalagi bagi pengendara wanita yang sedang melaju sendirian. Berikut tipsnya:

  1. Baik untuk pengendara mobil matic dan manual sebaiknya tidak usah ngebut saat banjir karena jika anda mengemudikan mobil terlalu cepat, air bisa masuk ke mesin mobil dan menyebabkan cepat mogok. Saat anda menginjak maka bisa jadi filter udara akan menyedot air dari luar di waktu banjir.
  2. Setel mobil manual anda ke gigi satu sedangkan mobil matic langsung pindahkan saja ke satu atau ‘L’. saat berkendara di tengah banjit, mobil akan terasa lebih berat. Oleh karena itu pastikan mobil beralih ke gigi satu.
  3. Saat anda menerjang banjir yang dalam sebaiknya AC mobil dimatikan untuk menghindari adanya konslet pada mesin listrik mobil. Jika anda sudah melewati banjir AC dapat dihidupkan kembali.
  4. Jangan langsung mengebut saat anda sudah melewati banjir atau genangan air. Bagian kanvas dan piring rem akan basah karena air dan rem akan menjadi lebih licin. Untuk itu setelah terbebas dari banjir coba lakukan  pengereman pelan-pelan dua atau tiga kali sebelum anda melaju dengan kencang.
  5. Hindari menginjak kopling bagi pengendara mobil manual karena hal ini akan membuat air langsung masuk ke dalam transmisi. Jika air masuk ke dalam transmisi maka oli akan bercampur dengan air dan merusak mesin mobil.
  6. Saat banjir tidak usah mencemaskan knalpot karena knalpot tidak akan kemasukan air apabila mesin masih menyala.

Tips Mengendarai Mobil Matic dan Manual saat Banjir Sudah Dilewati

Setelah anda berhasil menerjang banjir masih ada hal yang harus dilakukan. Tips mengendarai mobil matic dan manual saat banjir sudah dilewati adalah dengan langsung melakukan pengecekan dan bersihkan mobil manual atau mobil matic anda. Mobil akan berbau apek bila tidak langsung dibersihkan karena terkena banjir, untuk itu mobil perlu dicuci dengan sabun dan beri parfum khusus mobil agar mobil tetap harum. Anda juga perlu melakukan servis secara rutin untuk memastikan mesin mobil dalam keadaan baik.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *