Tips Ganti Per Avanza Agar Lebih Nyaman Dikendarai

Mereka yang memiliki mobil Toyota Avanza entah generasi pertama sampai baru terkadang ingin memodifikasi mobilnya agar lebih nyaman dikendarai, ataupun sekadar ingin membuat kendaraan tampil lebih oke. Tips ganti per Avanza adalah salah satu cara untuk memodifikasi mobil keluarga ini.

Nah, bagi yang sudah berpengalaman mengendarai Avanza, mungkin ada yang merasa bagian per perlu dimofikasi sedikit. Hal ini perlu sebab ada saja yang merasa bahwa mobil Avanza dengan jenis per coil spring dan juga shockbrekernya saat dikendarai terasa keras. Sehingga membuat mobil tidak nyaman, apalagi buat penumpang yang duduk di bagian paling belakang, shocknya keras dan bikin mental. Jadi, untuk membuat mobil lebih nyaman dikendarai dan terasa lebih empuk, maka Anda bisa ganti per-nya agar suspensi mobil lebih empuk.

tips ganti per avanza mudah

Sebetulnya cara ini tidak hanya berlaku untuk merek mobil Avanza sebab Anda pun bisa mempraktekkannya untuk modifikasi mobil-mobil lain. Yang penting di sini tahu jenis dan ukuran per apa yang ingin diganti karena hal tersebut berpengaruh nantinya terhadap kenyamanan yang dirasakan penumpang saat berkendara.

Tips Ganti Per Avanza, Hal yang Perlu Diperhatikan

Bagi mereka yang tidak tahu cara ganti per avanza, sebetulnya tinggal tanyakan saja ke bengkel langganan. Apalagi jika Anda memiliki jenis mobil yang berbeda, sebab mobil punya karakteristik yang berbeda-beda khususnya mengenai peredaman suspensi. Jadi hal ini juga menjadi faktor nantinya apakah per terasa empuk atau justru keras. Oleh karena itu, jika suspensi dirasa tidak nyaman, ganti saja pernya.

Untuk tips ganti per avanza pertama, Anda perlu tanya dulu ke bengkelnya per apa yang cocok dipakai untuk mobil Avanza generasi tertentu. Contohnya, buat mereka yang punya Toyota Avanza generasi pertama, kalau ingin membuat kendaraan lebih nyaman dikendarai, maka per bagian belakang bisa diganti dengan per merek BMW seri 3 E36 ataupun per mobil-mobil Eropa lainnya macam Audi A4, BME E26, dan sebagainya. Kalau soal harga ganti per, tentunya bengkel akan mematok harga per yang berbeda-beda tergantung ukuran dan jenisnya, tapi rata-rata dari ratusan ribu rupiah.

Tips mengganti per mobil Avanza selanjutnya adalah teliti soal ukuran mangkok dan tinggi. Kalau misal memakai per keong (shockbreker/ulir), maka ketinggian pada ukuran mangkoknya harus pas, sebab bila nanti memilih tinggi dan ukurannya tidak pas akan membuat mobil bersuara aneh saat dikendarai. Apalagi saat mobil melintasi jalan yang rusak atau bergelombang. Lalu, saat memilih per, pastikan tingginya sama dengan as shockbreker agar nanti mangkok tidak lepas dan mencegah agar tidak mudah goyang.

Biasanya memang per keong atau coil spring yang sering dipakai oleh mobil-mobil jenis sedan. Yang penting, saat Anda memilih per perhatikan bentuk fisiknya untuk melihat apakah per pengganti itu jenis per yang empuk atau malah justru keras. Kedua, coba tanyakan ke bengkel langganan Anda, per terbuat dari material apa. Harus dipastikan apakah per terbuat dari baja murni atau tidak, mengapa? Sebab jika per itu terbuat dari baja murni berarti lebih lentur.

Lalu bagaimana dengan mobil jaman sekarang? Kalau mobil jaman sekarang biasanya memakai bahan yang sama alias itu-itu saja. Cuma bedanya ada per yang terbuat dari setengah baja murni dan full baja murni. Intinya, harus dipilih yang cocok dengan mobil Avanza generasi Anda dan yang bisa membuat mobil nyaman serta empuk atau tidak keras saat dikendarai.

Itulah beberapa tips ganti per Avanza, saat ini sudah banyak sekali bengkel yang menawarkan jasa potong ataupun ganti per. Tinggal tanyakan saja jenis dan ukuran yang pas kalau mau ganti per mobil Toyota Avanza Anda.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *