Tips & Cara Menghemat BBM Mobil Matic

Menggunakan mobil dengan system matic memang menyenangkan. Dan cara menghemat BBM mobil matic akan menjadi topik disini. Selain cocok dengan kondisi kota besar di Indonesia yang sering macet, hal ini juga lebih mudah dan simpel. Banyak yang mengatakan jika mengendarai mobil matic mirip dengan bermain bom-bom car di area permainan anak-anak. Memang benar, mengendarai matic sangat simpel. Anda bahkan bisa berkendara sambil bersantai karena kedua kaki tidak lagi harus bekerja seperti saat menyetir mobil manual. Namun, banyak juga yang mengeluhkan kalau BBM mobil matic cukup boros. Sistem kelistrikan yang ada di dalamnya membuat konsumsi bahan bakar memang sedikit lebih banyak dibandingkan yang manual.

Tenang saja, Anda tidak lagi perlu cemas. Ada tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu penggunaan BBM mobil matic tidak lagi boros. Cara menghemat BBM mobil matic disini akan sangat bermanfaat terutama untuk Anda yang kantongnya cukup terbatas. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

tips menghemat bbm mobil matic

Injak pedal gas pelan-pelan

Jangan terlalu bersemangat dalam menginjak pedal gas mobil matic Anda. Jika Anda terlalu dalam menekan pedal gas saat akan mengendarai mobil pertama kali maka akan membuat BBM terbuang banyak. Injak gas perlahan dan biarkan mobil berjalan pelan-pelan sampai kecepatannya cukup stabil. Cukup posisikan tuas persneling Anda pada posisi D dan mobil matic akan bisa berjalan sendiri dengan otomatis.

Berkendara dengan kecepatan konstan

Cara menghemat BBM mobil matic yang berikutnya adalah dengan membiasakan mengendarai mobil dengan kecepatan konstan. Dengan kecepatan konstan maka Anda akan terhindar dari cara pengereman mendadak. Jika Anda sering mengerem mendadak dengan posisi yang dalam maka BBM akan semakin banyak terkuras. Perhatikan jarak aman setiap kali menyetir sehingga selain aman juga hemat BBM. Setiap kali Anda mengerem saja akan mengeluarkan BBM yang besar apalagi jika melakukannya mendadak dan secara kejut.

Posisi RPM

Jangan memposisikan RPM mobil Anda melebihi angka 3.000. Posisi RPM diatas angka tersebut akan membuat bahan bakar yang dikeluarkan sangatlah besar. Selalu perhatikan posisi RPM pada mobil Anda setiap kali sedang mengendarainya.

Kurangi penggunaaan AC

Jika memang tidak terlalu panas atau Anda berada di daerah yang dingin tidak perlu menyalakan AC terus menerus. Konsumsi AC sepanjang jalan sangat berpengaruh pada hemat tidaknya BBM yang dihabiskan. Pengurangan penggunaan AC adalah salah satu cara menghemat BBM mobil matic yang paling simpel. Selain BBM yang besar tenaga yang dibutuhkan oleh mobil Anda juga semakin besar karena AC.

Memang tidak semuanya menyenangkan dan mudah apalagi dihadapkan dengan BBM yang boros saat menyetir mobil matic. Sisi praktis yang ditawarkan ternyata berbanding dengan BBM yang cukup banyak dikeluarkan. Jangan lupa saat kondisi macet, karena Anda tidak sedang mengendarai mobil manual kurangi tekanan pada pedal rem. Jika tidak perlu Anda tidak usah menginjak pedal rem karena hanya akan membuat BBM terbuang terus menerus. Jika macet total posisikan saja mobil pada tuas N (neutral). Pada posisi tuas seperti ini mobil Anda tidak akan berjalan. Namun, jika macetnya hanya sebatas pada maka Anda bisa posisikan tuas pada S. Pada posisi ini mobil Anda akan berjalan dengan kecepatan pelan. Semoga informasi mengenai cara menghemat BBM mobil matic ini bermanfaat untuk Anda.

Mungkin anda suka dengan:


, , , Tips dan Trik
Admin September 7, 2016 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *