2 Jenis Shock Depan Motor Paling Empuk

Mungkin sebagian besar wanita belum mengetahui tentang istilah shock pada motor. Shock depan motor atau lebih dikenal dengan sebutan shockbreaker merupakan sebuah peredam kejut. Alat tersebut berfungsi meredam kejutan yang ditimbulkan dari jalanan yang dilalui. Jika berbicara mengenai shock depan motor yang paling empuk sepertinya malah tidak akan menemukan titik temu. Hal ini dikarenakan setiap shockbreaker dari masing-masing jenis motor memiliki tipe shock yang berbeda-beda. Namun, sebagai bahan pertimbangan berikut beberapa jenis shockbreaker depan yang mungkin bisa menambah kelembutan motor.

1. Shockbreaker Upside Down (USD)

shock upside down motor paling empuk

Jika Anda memiliki motor dengan cc besar, maka jenis USD sangat cocok untuk digunakan. Menurut para pengguna, USD merupakan shock depan motor yang paling empuk. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya menggunakan alumunium dan magnesium. Jika dilihat dari segi harga, spare part yang terbuat dari bahan tersebut dibanderol dengan harga yang mahal. Selain itu kualitas dari bahan tersebut juga lebih bagus dari yang lain. Tidak heran jika tampilannya terlihat mewah.

Perlu Anda ketahui, USD ini tidak bisa dipasang di sembarang motor. Hal ini dikarenakan, jenis shock harus disesuaikan dengan bobot motot. Jika tidak demikian, bisa saja shock akan patah. Shockbreaker USD ini biasanya dipasang pada motor jenis moge, jadi jika motor Anda bebek jelas kurang cocok menggunakan tipe ini. Dilihat dari bentuknya USD ini lebih besar dan terlihat elegan daripada jenis lain. Selain itu cara kerjanya juga lebih baik dan stabil. Jelas saja dengan menggunakan USD akan membuat pengguna makin nyaman dalam berakselerasi dan cornering di jalanan.

2. Shockbreaker Teleskopik

shock depan teleskopis

Teleskopik ini bisa disebut juga sebagai shock depan motor yang paling empuk. Hal tersebut dikarenakan shock sangat cocok untuk segala jenis medan. Tidak perlu khawatir jalan terjal maupun mulus, teleskopik bisa menyesuaikannya. Hampir semua jenis motor yang beredar menggunakan shock depan tipe teleskopik. Perawatannya pun juga lebih mudah dibandingkan dengan upside down. Masalah harga tentu juga lebih terjangkau.

Selain itu dibandingkan dengan USD, teleskopik ini ternyata kuat untuk menopang bobot motor yang berat. Namun, yang disayangkan shockbreaker tersebut kurang stabil jika digunakan pada jenis motor yang memiliki kecepatan tinggi. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari shock depan motor yang paling empuk ada baiknya untuk mempertimbangkan jenis teleskopik. Mengapa demikian? Ini disebabkan teleskopik sangat cocok digunakan pada motor harian. Motor harian yang digunakan kebanyakan orang adalah jenis bebek dan matic, yang mana tidak memiliki kecepatan tinggi.

Modifikasi motor memang sangat menyenangkan. Namun terkadang, karena mengikuti tren yang ada seseorang memodifikasi motornya tanpa pengetahuan yang cukup. Alhasil motor hasil modifikasi malah menjadi kurang nyaman daripada sebelumnya. Terlebih jika itu salah memilih jenis shock. Ada baiknya Anda memilih jenis shock yang sesuai dengan tipe motor. Sesuaikan juga dengan bobot motor dan penggunaannya. Hindari penggantian jika memang shock bawaan motor masih layak digunakan. Jika memang terpaksa mengganti, mintalah saran pada orang yang paham benar mengenai shock motor. Itulah dua shock depan motor yang paling empuk digunakan. Tidak ada yang lebih unggul, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi jangan sampai salah pilih ya, dan ingat harus sesuai dengan tipe motor. Jangan hanya mengikuti tren, tapi utamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendaraan.

Baca juga:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *