Pilih Honda City I-DSI Atau VTEC Mana yang Lebih Bagus?

Pilih Honda City I-DSI atau VTEC untuk kebutuhan perjalanan Anda? Honda City generasi sebelumnya diproduksi dengan 2 macam tipe yaitu tipe I-DSI dan tipe VTEC. Tentunya kedua jenis tipe ini memiliki performa yang berbeda sehingga kebanyakan orang yang mau memilih dan membeli varian mobil ini bingung ingin memilih tipe yang mana. Jika Anda salah satunya maka berikut ulasan pengertian dan mana yang sebaiknya Anda beli.

Perbedaan mesin Honda City I-DSI dan VTEC

Pilih Honda City IDSI atau VTEC

Untuk New Honda City keluaran terbaru memang sekarang hanya mengandalkan mesin tipe VTEC. Namun jika Anda tertarik untuk membeli Honda City keluaran lama dengan I-DSI yang masih tersedia maka sebaiknya Anda mengetahui perbedaan mesin I-DSI dan VTEC berikut ini:

Tipe I-DSI

Sebenarnya perbedaannya terletak pada struktur mesin kedua tipe yang punya karakter masing-masing. Karena jelas Honda City awalnya dibuat untuk city car jadi bukan untuk kebut-kebutan sehingga menggunakan mesin idsi yang dirasa sudah cukup.

I-DSI sendiri merupakan kepanjangan dari Intelligent Double Sequential Ignition dimana terdapat 2 busi dalam 1 silinder. Keuntungan dipasangnya mesin tipe ini yaitu lebih hemat bahan bakar alias bensin. Pembakaran lebih sempurna saat dibakar dengan busi pertama, lalu masih dibakar lagi dengan busi yang kedua sehingga mesin dengan tenaga sama hanya menghabiskan bensin lebih sedikit. Sayangnya kelemahan dari cara kerja ini yaitu pembakaran mesinnya lebih lama dan membuat respon mesin lebih lambat.

Tipe VTEC

Sementara itu VTEC adalah kepanjangan dari Variable Valve Timing and Electronic Lift Control dengan cara kerja mekanisme pengaturan katup yang masuk bahan bakar pada setiap silinder mesinnya. Untuk lebih jelasnya, setiap mesin mobil mempunyai putaran yang berbeda dimana ada yang rendah dan ada yang putarannya tinggi.

Selama ini tingkat putaran bergantung pada putaran DOHC/ engkol mesin atau twin cam. Dengan adanya VTEC ini maka putaran tersebut jadi diatur secara elektris dan mekanis sehingga bergantung pada besar tenaga yang diperlukan, tidak selalu dari putaran mesinnya.

Contohnya katup dapat memanjang guna memberikan pasokan bensin dan udara atau bisa juga dengan memberikan mekanisme pengaturan katup yang beda saat putarannya lebih tinggi. Keuntungan dari kerja ini yaitu Honda City dengan mesin VTEC memiliki respon yang lebih baik dengan tenaga besar sehingga bagi Anda yang ingin mesin mobil lebih handal dan kuat maka dapat memanfaatkan tenaga dari mesin dengan VTEC.

Lalu pilih Honda City I-DSI atau VTEC?

Beda mesin I-DSI dan VTEC pada Honda City sebetulnya tak terlalu jauh. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Jadi semuanya hanya terletak di masalah fungsi saja. Maksudnya yaitu jika Anda ingin menggunakan mobilnya untuk ngebut atau kebut-kebutan atau ingin kendaraan yang bertenaga di jalan tol, maka lebih baik memilih mesin VTEC. Tapi kalau mau ngirit maka pikirkan lagi.

Sebaliknya jika Anda tidak masalah dengan mesin berforma lebih lambat, namun mementingkan soal bahan bakar atau bensin yang lebih irit, maka silahkan pilih saja yang mesin I-DSI.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai perbedaan kedua tipe mesin yang semoga membantu Anda waktu pilih Honda City I-DSI atau VTEC. Walau sekarang, sudah banyak sekali mobil-mobil yang dilengkapi dengan performa VTEC bahkan ada yang telah dipasangi dengan rem cakram dan velg racing sehingga bisa lebih ngebut.


, , Mobil
Admin November 23, 2019 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *