Perbedaan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ

Meskipun didevelop bersamaan, ternyata terdapat beberapa perbedaan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ. Kedua mobil tersebut direncanakan bersamaan Toyota dan Subaru, tapi manufakturnya dikerjakan sendirian oleh Subaru. Mobil ini memiliki mesin yang sama padanya, yaitu sebuah boxer 4U-GSE atau FA20 yang memiliki kapasitas 2 liter dan terletak di bagian depan dari mobilnya. Untuk layoutnya, ia menggunakan rancangan layout rear-wheel dan jumlah tempat duduk yang dimiliki adalah 4.

Menelisik Perbedaan Toyota FT 86 Dengan Subaru BRZ

Kelebihan Toyota FT 86 dibandingkan Subaru BRZ

Perbedaan Eksterior

Mengingat keduanya dibuat berdasarkan desain yang sama, tidak heran jika banyak yang mengira bahwa keduanya merupakan mobil yang sama dalam sekali lihat, tapi ternyata ada beberapa perbedaan yang amat mencolok dari desain eksteriornya jika kita mencoba untuk melihatnya lagi secara teliti. Perbedaan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ dari segi desain eksterior yang paling terlihat adalah dari sisi front grillenya. Pada mobil Subaru, bentuk dari grillenya menyerupai huruf U dan dibelakang tempat peletakkan plat nomor terdapat sebuah strip plastik tebal yang membuatnya tampak seperti memiliki kumis. Pada mobil milik Toyota, bentuk grille depan ini lebih mirip seperti trapesium dan terdapat mesh di bagian depannya.

Perbedaan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ lainnya yang masih dari sisi eksterior selain simbol perusahaan masing-masing adalah lampu yang terletak di bagian bawah mobil, dekat grille. Di keduanya, lampu sama-sama terbagi dalam dua seksi, dimana bagian bawahnya berbentuk bulat. Bagian atasnya, pada Subaru berbentuk trapesium horizontal sementara pada Toyota berbentuk vertikal. Selain itu secara keseluruhan memang mobil ini nampak identik.

Perbedaan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ

Performa dan Rasa Ketika Dikendarai

Ketika Toyota FT 86 dibandingkan Subaru BRZ dari segi performa, akan sulit membedakan keduanya mengingat mesin yang mereka gunakan memang sama. Kecepatan maksimum dari mesin tersebut adalah 140 mil per jam, dan untuk mencapai angka 60 dari titik nol hanya butuh waktu 7 detik lebih sangat sedikit. Emisi karbondioksida yang mereka tampilkan juga sama yaitu 36.2 gram/km. Dengan harga yang kurang lebih sama, yang bisa menjadi pemenang ketika membicarakan masalah penjualan antara Toyota FT 86 vs Subaru BRZ adalah kemudahan mendapatkan Toyota dibandingkan Subaru.

Karena dari performa mesin keduanya tidak bisa dibandingkan, semuanya kini bergantung pada rasa yang mereka berikan ketika dikendarai. Pada impresi pertama, tidak akan terasa perbedaan yang nyata dari kedua mobil terutama di jalanan basah, karena kedua mobil akan terasa menyenangkan saat kendali kestabilan dimatikan. Perbandingan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ baru akan terasa ketika keduanya diuji di jalanan yang kering. Kenyamanan berkendara akan didapatkan ketika kita menggunakan BRZ karena bagian depannya sedikit lebih kaku dan bagian belakangnya lebih halus. Hal ini sayangnya membuat BRZ amat menyebalkan jika jalanannya memiliki banyak polisi tidur.

Perbandingan Mobil Toyota GT 86 dengan Subaru BRZ

Sementara itu, FT 86 memiliki bagian depan yang lebih halus dan belakangnya sedikit lebih kaku membuatnya terpaksa mengorbankan kemampuan drift dengan kecepatan rendahnya. Meski begitu, FT86 memiliki feel rem yang lebih baik, posisi pengendaraan yang jauh lebih nyaman, dan steering yang lebih terasa pas beratnya.

Dari perbandingan tadi, amat sulit memutuskan siapa yang bisa lebih baik untuk digunakan di jalan raya. Tapi tergantung dari apa yang dicari dari kedua mobil tersebut, pemenang secara umum dari perbedaan Toyota FT 86 dengan Subaru BRZ sementara dipegang oleh Toyota.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *