Perawatan Motor Matic

Dengan berkembangnya zaman pada mode transportasi kendaraan bermotor, motor matic menjadi salah satu pilihan sebagai alat transportasi dalam beraktifitas sehari-hari. Motor yang memiliki transmisi matic, tergolong lebih nyaman pada saat dikendarai. Mungkin dari model desainnya yang nyaman serta memberikan kemudahan untuk dikendarainya. Beberapa motor matic yang beredar di Indonesia diantaranya adalah: motor matic vario techno, motor matic honda,  motor matic mio, motor matic injeksi, dan motor matic beat.

Walaupun model motor matic sangat nyaman untuk dikendarai, jenis motor ini memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan model motor bebek. Kekurangan pada motor matic terletak pada tingkat kesulitan dalam perawatannya serta tidak bisa memuat beban penumpang terlalu berat. Dari beberapa kekurangan tersebut, akan dijelaskan beberapa tips mengenai perawatan motor matic yang akan membantu Anda dalam memberikan perawatan secara berkala.

Perawatan Motor Matic

  • Sebelum Anda mengendarai motor matic, sempatkanlah untuk memberikan pemanasan oada mesin. Pemanasan biasanya dilakukan selama 5-10 menit.
  •  Mengondisikan kestabilan kondisi gas, pada saat motor kondisi dijalannkan, pada saat anda berada dalam kecepatan tinggi lalu secara tiba-tiba Anda langsung mengurangi kondisi gas secara drastis, hal tersebut bisa merusak mesin motor. Lebih baik selalu stabilkan kondisi gasnya.
  • Selalu mengecek kondisi volume bensin, jika sampai sering kehabisan bahan bakar, akan memicu kerusakan pada mesin motor matic.
  • Lakukan pergantian oil secara berkala, dalam motor matic biasanya pergantian oil dilakukan pada saat 1000 km. Serta mengganti oil transmisi pada 5000 km. Hal ini ditujukan untuk memberikan performa mesin motor matic yang selalu dalam kondisi baik.
  • Periksalah kondisi kelistrikan motor seperti accu dan busi, jika salah satu dari accu dan busi terjadi kerusakan atau aus, segeralah diganti dengan yang baru. Dikarenakan akan mengakibatkan motor matic akan mogok atau mesin tidak mau menyala.
  • Selanjutnya melakukan pemeriksaan pada bagian roler dan ventbelt motor matic Anda. Keduanya merupakan komponen yang menghubungkan mesin dengan roda motor, jika terjadi kerusakan atau roler dan ventbelt sudah aus, segeralah mengganti dengan yang baru.

Dari beberapa tips perawatan motor matic yang telah diulas dalam artikel ini, memberikan beberapa wawasan dan referensi bagi Anda yang masih kurang mengerti bagaimana cara merawat motor matic agar selalu ready untuk dikendarai. Semoga isi dari artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan bagi Anda yang memiliki motor matic.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *