Penyebab Karburator Mobil Tidak Mau Langsam

Pernahkah Anda mengalami karburator mobil tidak mau langsam? Jika ya, maka Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Masalah kronis yang seringkali dialami karburator adalah ketika mesin tidak mau langsam. Gasingan mesin dikatakan normal apabila rpm tidak terlalu rendah dan tidak pula terlalu tinggi. Dengan begitu, mobil bisa dijalankan dan tidak mudah mati. Mesin yang mudah sekali mati sangatlah berbahaya. Terutama jika mobil menggunakan mesin matik, bukan kopling. Oleh karena itu, mobil harus di stel agar mendapatkan putaran mesin langsam yang normal dan ideal. Kunci utama dari aktivitas mesin ini ada pada rasio bahan bakar dan campuran udaranya. Apabila terlalu basah, mesin biasanya akan sulit dihidupkan.

Tak hanya itu, gas bakar mesin juga akan sulit dipatik oleh busi. Sama halnya jika karburator membuat bensin lebih irit. Meskipun Anda bisa menghemat biaya bahan bakar, karburator yang terlalu irit membuat jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bensin. Pada kondisi ini, putaran mesin yang selalu ingin tinggi menjadi sulit untuk disetting pelan.

Penyebab Karburator Mobil Tidak Mau Langsam

Ada banyak kasus tentang langsam pada mesin, mulai dari tidak mau langsam, langsam lambat atau mobil yang seperti menembak-nembak. Penyebab utama mobil tidak langsam adalah ada yang tidak normal dari aliran bensin dan tangki mobil. Logikanya, jika aliran bensin menuju tangki tidak normal, mana mungkin mesin bisa hidup seperti biasanya? Penyebab karburator mobil tidak mau langsam lainnya adalah adanya kebocoran intake manifold. Hal ini bisa saja terjadi akibat rusaknya karet o-ring yang menjadi penyekat pada leher angsa. Atau bisa juga karena adanya dua baut dari pengikat karburator yang tidak dikencangkan secara bersamaan.

Penyebab karburator mobil tidak mau langsam selanjutnya adalah ketika baut pengikat untuk manifold telah rusak atau slek dan ulir baut manifold menjadi dol. Apabila karburator mobil memang tidak bisa langsam karena baut slek atau o-ring pecah maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki tap dudukan baut tersebut di tukang bubut terdekat. Selain karburator yang tidak mau langsam, terkadang langsam mobil juga bisa tidak stabil. Karang langsam rendah kadang pula tinggi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan karburator memiliki langsam yang labil. Beberapa penyebabnya diantaranya karena pembukaan sekrup pilot dan setelan udara yang tidak tepat, karburator kotor sehingga membuat udara dan bahan bakar tersumbat oleh kotoran, dan lain sebagainya.

Karburator mobil tidak mau langsam atau langsam pada beberapa kasus juga bisa disebabkan karena turunnya perputaran stasioner yang terbilang sangat lama saat mesin sedang terasa panas dan akan normal kembali saat mesin dingin. Hal ini dikarenakan adanya kebocoran pada bagian intake manifold. Penyebab lain dari langsam yang lambat adalah skep dan bagian rumah skep yang sudah berkerak, tali gas seret (tidak lancar, per skep lemah, setelan kabel gas bagian atas dan juga  bawah kurang bisa menutup, ruang bakar berkerak sampai dengan saluran suplay untuk gas bakar yang mengalami masalah.

Selain mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab masalah karburator, Anda juga harus memahami cara untuk mengetahui masalah tersebut. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengerti penyebab dari karburator mobil tidak mau langsam adalah cobalah untuk memberi semprotan cairan pada intake. Jika mesin sulit langsam maka bisa diketahui bahwa ada masalah pada setelah sekrup stationer. Kemudian, pastikan pula bahwa spuyer pilot-jet yang ada dalam bak tidak memiliki timbunan kerak ataupun tersumbat kotoran. Sebab jika tersumbat, langsam juga akan semakin sulit.


One thought on “Penyebab Karburator Mobil Tidak Mau Langsam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *