Merek, Ukuran, dan Jenis Per Mobil Avanza

Merek, Ukuran, dan Jenis Per Mobil Avanza – Kadang pemilik mobil Avanza bisa memodifikasi kendarannya menjadi lebih ceper agar tampilan oke ataupun sekadar ingin mengganti per keras menjadi lebih empuk dan nyaman. Tentu Anda harus tahu ukuran dan jenis per mobil Avanza yang benar saat ingin memodifikasi bagian kaki-kaki Toyota Avanza ini. Biasanya pemilik mobil memang enggan untuk memotong per asli bawaan pabrik, jadi daripada memotong langsung per mobil Avanza Anda, akan lebih baik menggantinya dengan merek lain, lalu yang asli bisa disimpan.

Tentang Ukuran dan Jenis Per Mobil Avanza

Sudah menjadi rahasia umum, kalau mobil semacam Avanza dan juga Xenia memiliki suspensi yang keras. Memang bawaan pabriknya sendiri sengaja memasangkan per OEM yang disesuaikan dengan kapasitas angkut mobil tersebut agar saat mobil penuh, maka suspensi tidak mudah amblas. Walau memang nanti saat dikendarai mobil akan mentul dan terasa tidak nyaman, apalagi jika melewati jalan yang bergelombang. Kepala bisa jedug-jedug dan mobil terasa keras saat dikendarai.

Jenis Per Mobil Avanza

Salah satu cara untuk membuat Avanza menjadi lebih nyaman adalah mengganti per mobil Avanza dengan yang lebih lembut. Untuk ukuran dan jenis per mobil Avanza tentunya ada banyak, kebanyakan orang suka memilih per after market. Nanti tetap bisa disesuaikan dengan mobilnya, entah Anda punya mobil Avanza generasi tertentu. Per juga bisa dipotong agar pas dengan mobil, tapi pastikan per dipotong oleh orang atau bengkel yang berpengalaman, karena bila sembarangan bisa “BAHAYA”.

Nah, jika Anda ingin membuat mobil lebih ceper, maka penggantian per serta pemotongan per Avanza juga bisa dilakukan. Anda bisa memilih per aftermarket yang lebih berkualitas ataupun menggunakan ukuran dan jenis per mobil Avanza yang diambil dari mobil-mobil Eropa. Kadang orang juga tak masalah membeli yang second alias bekas, asal kondisi masih layak dan bagus. Contohnya adalah:

  1. Per ulir dari mobil Eropa yang bisa dipakai untuk mobil MPV macam Avanza:
  • BME E26
  • Audi A4 dan Audi A3
  • BMW E46
  • BMW Bilstein E36
  • Holden Torana
  • Fiat 132, dsb.

Soal suspensi mobil buatan Eropa biasanya terbuat dari seratus persen baja, jadi kualitasnya bagus dan cukup baik. Jadi jika dipasangkan ke Avanza, mobil tidak akan mudah ambles. Lagipula shockbreker bawaan mobil Xenia juga cukup keras dan kuat. Beda dengan yang buatan dalam negeri, kebanyakan komposisinya dibuat dari besi.

  1. Per Eibach Pro Kit, produk aftermarket merek ini bisa dipakai baik untuk mobil Avanza maupun Xenia. Cocok buat mereka yang mau bikin mobil lebih stabil dan ceper.
  2. Per merek Jamex, Anda juga bisa mencari per buatan luar negeri untuk mobil Avanza macam Jamex. Kadang ada yang menawarkan bekas atau second, masih dalam kondisi bagus. Tapi beli yang masih baru tidak masalah kalau masalah harga bukan patokannya. Kalau mau beli per, coba tanyakan kondisinya, misal turun berapa jari dari per orisinilnya, dan sebagainya. Hal ini perlu, apabila Anda ingin membeli per yang bekas.
  3. Per keong Avanza merek APM, untuk mereka yang mau cari per keong atau coil spring dengan ukuran dan jenis per mobil Avanza, maka bisa membeli per keong APM. Masalah ukuran tentu bervariasi, tergantung kondisi per tersebut.

Itulah beberapa ukuran dan jenis per mobil Avanza serta mereknya yang bisa dijadikan pertimbangan untuk Anda yang mau membuat mobil lebih ceper ataupun sekadar modifikasi kaki-kaki.

Selain artikel ini mungkin anda juga suka dengan artikel tips ganti per mobil Avanza agar lebih nyaman dikendarai.


One thought on “Merek, Ukuran, dan Jenis Per Mobil Avanza

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *