Macam-macam Stiker Mobil Toyota Avanza

Avanza, siapa yang tidak tahu tentang mobil ini? Stiker mobil Toyota Avanza, seiring dengan ramainya pemilik mobil ini juga kini semakin mudah ditemui dimana-mana, baik itu di pinggir jalan hingga di beberapa toko-toko stiker. Avanza sendiri merupakan sebuah mobil keluarga yang paling banyak digunakan di Indonesia, bersama dengan “saudara”nya dari Daihatsu, yaitu Xenia. Kedua mobil ini merupakan salah satu pelopor mobil murah di Indonesia pada masanya, sehingga tidak mengherankan mereka punya basis pengguna yang cukup banyak.

Pengaplikasian Stiker Mobil Toyota Avanza Jenis Cutting Sticker

Stiker Mobil Toyota Avanza

Salah satu cara seseorang dapat memodifikasi mobil mereka adalah dengan memasang stiker, dan begitu juga yang akan kita lakukan dengan mobil Avanza yang kita miliki. Stiker mobil Toyota Avanza yang banyak digunakan adalah yang jenisnya cutting sticker. Sesuai namanya, stiker ini adalah sebuah teknik dimana stiker akan dipotong sesuai dengan desain dan bentuk yang sebelumnya telah kita tentukan. Pemotongan mesin ini tentu saja tidak menggunakan tangan, karena akan memakan waktu yang terlalu lama, sehingga yang digunakan adalah sebuah mesin khusus bernama sticker cutter. Hampir seluruh kegiatan pembuatan stiker dengan cara ini dikomputerisasi.

Cara pemasangan cutting stiker pada mobil Avanza sama seperti pada mobil-mobil lainnya, tapi sebelum kita masuk ke area itu ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dari cutting sticker dibanding stiker lainnya, yaitu:

  • Warnanya tidak mudah pudar, dan ketahanannya jauh lebih lama dibanding lainnya.
  • Beberapa jenis stiker yang digunakan mampu memiliki tingkat ketahanan yang cukup luar biasa, yaitu hingga kurang lebih 5 tahun.
  • Beberapa jenis stiker mobil Toyota Avanza yang lainnya mampu mengeluarkan cahaya ketika pencahayaan ada dalam kondisi gelap.
  • Teknik pemotongan stiker ini berjenis cut contour, yang artinya bentuk dari stiker akan sama dengan desainnya. Karena hal itu, jadi jauh lebih fleksibel untuk dipasangkan ke berbagai macam media yang ada.

Semua hal di dunia ini tentu memiliki dua sisi, dimana jika mereka memiliki kelebihan sudah pasti mereka memiliki kekurangan. Hal yang sama juga bisa diaplikasikan kepada jenis cutting sticker mobil Toyota Avanza, dimana kekurangannya adalah:

  • Lebih cocok digunakan untuk warna-warna yang bukan gradasi.
  • Pembuatan desainnya cukup rumit karena harus dibuat dari file vector dengan format .ai, .eps, .cdr, dan lain sebagainya.
  • Waktu untuk mengerjakan cutting sticker dari awal hingga selesai cukup lama karena beberapa bagian seperti pengelupasan bagian yang tidak perlu hingga penggabungan warna masih harus dilakukan dengan tangan secara manual.

Stiker Mobil Toyota Avanza hello kitty

Karena cutting sticker hanyalah sebuah teknik pemotongan stiker, maka tentunya diperlukan bahan-bahan untuk membuat stiker mobil Toyota Avanza yang akan kita gunakan. Adapun contoh bahan-bahannya sebagai berikut:

  • Vinyl
  • Hologram
  • Schotchlite
  • Sandblast
  • Fosfor
  • Kevlar

Setiap bahan-bahan yang digunakan di atas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta biasanya mereka jadi lebih baik jika digunakan di surface tertentu. Contohnya adalah bahan sandblast yang biasa digunakan untuk gedung, rumah sakit, kaca kantor, atau lainnya. Beberapa bahan bahkan memiliki kemampuan sendiri seperti fosfor yang mampu menyimpan cahaya, serta bisa dilihat meskipun keadaan pencahayaan sekitar sedang gelap. Bahan seperti Kevlar carbon yang amat tebal bahkan membutuhkan sebuah alat sendiri untuk memasangnya, jadi kita harus tahu betul juga bahan-bahan stiker yang dibutuhkan sebelum kita memutuskan memasang stiker mobil Toyota Avanza.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *