Langkah-Langkah Melakukan Modifikasi Mesin Avanza

Avanza merupakan sebuah mobil yang diproduksi gabungan oleh Toyota dan Daihatsu dan dirilis pada tahun 2003. Mesin yang digunakan oleh mobil ini ada beberapa jenis, yaitu 1.0 L I3 VVT-i, 1.3 L I4 VVT-i, 1.5 L I4 VVT-i. Ketiga mesin tadi bisa mengaplikasikan transmisi 4 kecepatan otomatis dan 5 kecepatan manual. Meski begitu, tetap ada sekelompok orang yang tidak puas pada performa dasar mesin ini sehingga mereka akan selalu mencoba melakukan modifikasi mesin Avanza baik sendiri maupun menggunakan jasa bengkel.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Modifikasi Mesin Avanza

Modifikasi Mesin Avanza

Sebelum mulai melakukan modifikasi mesin Avanza, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama tentang biaya yang bisa dihabiskan dalam proses modifikasi. Tingkatan biaya yang bisa digunakan ini terbagi menjadi empat tingkat yaitu low budget, medium budget, hard budget, dan expert budget. Spesifikasi dari tingkatan tadi adalah sebagai berikut:

  1. Low budget, dimana tingkatan yang termasuk dalam low budget adalah modifikasi dengan biaya yang bisa dihabiskan maksimal 5 juta.
  2. Medium budget, modifikasi yang memakan dana maksimum 10 juta.
  3. Hard budget, dimana dana yang bisa dialokasikan dalam modifikasi dimulai lebih dari 10 juta dan kurang dari 15 juta.
  4. Expert budget, modifikasi dengan dana paling mahal yang tidak memiliki batasan harga, tapi memang biasanya akan lebih dari 15 juta.

Tips Melakukan Modifikasi Mesin Mobi Avanza

Seusai memperhatikan budget di atas, Anda bisa langsung mulai melakukan modifikasi mesin Avanza sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Tahap pertama biasanya mencakup penggantian atau peningkatan kemampuan pengapian, pasokan udara dan hal-hal lainnya. Cara-cara pengerjaannya adalah seperti ini:

  1. Meningkatkan pengapian
    Peningkatan kemampuan pengapian bisa dilakukan dengan mengganti busi yang digunakan saat ini dengan busi lain dimana memiliki daya percik lebih besar. Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih busi baru adalah tahanannya harus lebih besar, serta koilnya harus memiliki voltase yang lebih tinggi.
  2. Melancarkan pasokan udara
    Cara melakukan bagian kedua ini adalah dengan mengganti filter udara yang tengah digunakan dengan material lainnya, lalu memastikan bahwa putaran udara sudah fokus agar tenaga yang ada bisa bertambah.
  3. Perbaikan kualitas bahan bakar dan oli
    Bagian ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan, karena cukup dilakukan dengan mulai menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi dan oli dengan kualitas yang lebih baik.

Tahap kedua dalam modifikasi mesin Avanza adalah untuk mengganti kepala silinder demi meningkatkan kemampuan kompresi karena mesin sudah mulai mengalami perubahan. Untuk mencapai hal tersebut, perlu dilakukan hal-hal ini:

  1. Menaikkan volume silinder dengan mengganti set piston yang punya ukuran yang lebih besar.
  2. Menaikkan derajat angkatan camshaft dengan cara menggantinya menjadi baru atau memodifikasinya sendiri.
  3. Mengganti per klep dengan yang lebih besar dan keras demi menghindari floating.
  4. Lakukan balancing pada seluruh bagian dalam mesin.
  5. Memperbesar pompa bensin dan injektor.

Tahap ketiga dan terakhir adalah dengan menambahkan induksi force pada mobil. Hal ini bisa dicapai dengan menambahkan turbo charger beserta bagian-bagian seperti pendingin dalam, valve untuk blow off, dan turbo timer. Hal lain yang bisa ditambahkan adalah supercharger yang digerakkan oleh pulley. Efek dari supercharger ini akan terasa mulai rmp bawah hingga rmp tinggi. Hal terakhir yang dirasa bisa membantu adalah dengan menambahkan sistem NOS (Sistem Oksidasi Nitro).

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara seksama, maka anda kini telah berhasil melakukan modifikasi mesin Avanza seorang diri.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *