Langkah Cara Pasang Kampas Kopling Jupiter MX

Cara pasang kampas kopling Jupiter MX dapat dilakukan sendiri kalau kamu memang paham benar dan teliti untuk bongkar dan pasangnya, karena memasang kampas ini tidak bisa sembarangan. Kopling merupakan salah satu bagian dalam kendaraan bermotor yang fungsinya menyambungkan dan memutus putaran mesin ke transmisi dan kampas kopling merupakan bagiannya. Kampas kopling seiring berjalannya waktu lama-kelamaan akan aus akibat gesekan yang terjadi selama pemakaian kendaraan dan akhirnya bisa membuat kendaraan jadi kehilangan tenaga.

Saat kampas kopling aus, maka putaran mesin tidak dapat secara maksimal diteruskan ke transmisi yang disebabkan oleh selip. Nah, untuk tahu kapan kampas kopling perlu diganti adalah ketika kendaraan dinaiki pada putaran tinggi, maka tarikan mesin akan terasa seperti “nggembos”. Jika sudah terasa seperti itu maka sebaiknya segera diganti, bisa dengan membawanya ke bengkel ataupun ganti sendiri. Kalau mau ganti sendiri, kami berikan tipsnya.

Cara Pasang Kampas Kopling Jupiter MX

Cara pasang kampas kopling Jupiter MX

Berikut cara pasang kampas kopling Jupiter MX yang bisa dicoba:

1. Keluarkan oli mesin

  • Pertama baut penutup oli harus dibuka terlebih dahulu, tempatnya ada di bawah mesin. Kamu bisa pakai kun sok 19 lalu tunggulah sampai olinya keluar, jangan lupa olinya ditampung semua di tempat tampungan yang bersih agar tidak kotor.
  • Pastikan semua olinya keluar semua lalu baru lepas bagian pijakan yang berada di bawah mesin kaki pakai kunci sok atau kunci ring ukuran 14. Baut yang perlu dilepas ada empat, jadi disimpan baik-baik jangan sampai hilang, kalau misal lebih berarti ada baut bagian lain yang gak seharusnya terlepas malah tak sengaja ikutan copot.

2. Lepaskan bak kopling

  • Setelah pijakan koplingnya lepas, maka sekarang giliran bak koplingnya dilepas. Letaknya ada di bagian kanan mesin.
  • Bagian mur kick starter dilepas terlebih dahulu, biasanya bagian ini agak susah mau dilepas karena kencang apalagi kalau yang belum pernah dicopot sama sekali.
  • Setelah murnya dilepas, tarik pijakannya sampai copot lalu pakai kunci T8 untuk melepaskan bak kopling. Melepasnya harus berlawanan, jika melepas bagian bawah dahulu kemudian selanjutnya lepas bagian atas dulu.
  • Yang terakhir, tutup rumah kopling harus dilepas juga, silahkan pakai kunci T10 untuk mencopot baut pengunci per koplingnya terlebih dahulu.

3. Pasang kampas kopling Jupiter MX

  • Cara pasang kampas kopling Jupiter MX gampang-gampang sulit, ketika rumah koplingnya sudah dilepas seluruhnya dan kelihatan perut mesinnya maka segera copot kampasnya semua. Di bagian itu juga terdapat plat kopling, nah kalau plat ini kelihatan sudah terlalu menipis juga wajib diganti.
  • Setelah kampas yang lama dilepas begitu pula dengan platnya, pasang kampas kopling yang baru. Cara pasangnya yaitu giliran, pertama pasang kampasnya dulu lalu baru platnya, kemudian lanjut lagi kampasnya, begitu seterusnya sampai semua terpasang.
  • Pasang kembali rumah koplingnya, dan dilanjutkan memasang bagian-bagian tadi yang telah dilepas satu per satu. Ingat baut harus dipastikan terpasang dengan kencang.
  • Tutup oli dipasang nanti setelah melakukan pengecekan.

Setelah selesai mengganti kampas baru dan memasang bagian-bagiannya. Cara pasang kampas kopling Jupiter MX yang terakhir adalah melakukan pengecekan, caranya yaitu dengan menarik tuas kopling. Masukkan gigi 1 sampai dengan 5 untuk mengeceknya. Terakhir, penutup oli baru dipasang dan isi kembali olinya beserta bagian lain yang tersisa seperti pijakan bagian bawah. Selesai, semoga bermanfaat.


One thought on “Langkah Cara Pasang Kampas Kopling Jupiter MX

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *