Lakukan Sendiri Cara Memperbaiki Karburator Mobil yang Soak

Memiliki masalah di karburator kadang amat menyiksa, jadi banyak orang yang hobi mencari tahu tentang cara memperbaiki karburator mobil yang soak. Masalah yang terjadi pada karburator dapat membuat jalan mobil menjadi tersendat, dan tak jarang mobil akan berulang kali mengalami kematian. Bukan hanya bermasalah pada kinerja mesin, tapi masalah yang terjadi pada karburator akan terefleksi melalui masalah yang muncul nantinya pada bagian tenaga dan konsumsi bensin dari sebuah mobil.

Beberapa Cara Memperbaiki Karburator Mobil yang Soak Sendiri

Sebenarnya untuk memperbaiki karburator pada mobil dan motor sama saja, hanya saja pada mobil yang sudah terinstalasi pendingin udara maupun power steering, ada vacum dan switch pada karburatornya yang akan mendukung kinerja dari komponen-komponen tadi. Belum lagi jumlah dari vacuum serta switch tadi beragam, sehingga kadang orang bingung dan tidak tahu cara memperbaiki karburator mobil yang soak tanpa bantuan montir.

Cara Memperbaiki Karburator Mobil yang Soak

Sebelum memutuskan untuk memperbaiki karburator seorang diri, seseorang diharuskan untuk melihat sendiri jenis karburator yang digunakan. Jika orang itu tidak memiliki kemampuan profesional dalam membersihkan karburator, tidak akan terjadi masalah membersihkan karburator yang bentuknya simpel. Jika karburatornya sudah memiliki banyak selang vacuum disana-sini, ada baiknya orang tersebut berhenti untuk mencari cara memperbaiki karburator mobil yang soak seorang diri dan beralih ke bengkel agar karburator tersebut bisa ditangani secara profesional oleh montir-montir di tempat itu.

Dalam prakteknya, ada beberapa hal yang menyebabkan masalah pada karburator mobil, dan tergantung dari masalahnya, cara penyelesaiannya juga berbeda-beda. Masalah pertama yang biasa terjadi adalah bercampurnya air dan minyak bahan bakar. Cara untuk memperbaiki karburator mobil dengan mudah ketika mengalami masalah ini adalah dengan menguras bensin yang ada pada karburator. Caranya adalah dengan membuka sedikit baut untuk pengurasan yang terletak pada karburator, dan setelah selesai jangan lupa untuk menutupnya kembali. Masalah ini biasanya akan menyebabkan pembakaran yang terjadi pada silinder karburator tidak sempurna, sehingga akan sangat baik untuk segera mengatasinya jika terjadi.

carburetor diagram

Masalah kedua yang menyebabkan orang-orang bergerak untuk memperbaiki karburator mobil soak mereka adalah karena terjadinya banjir di karburator. Hal ini biasanya terjadi karena pelampung pada karburator atau dudukan dari pelampung tersebut rusak atau karena terganjal kotoran. Untuk mengatasi masalah ini, cara yang paling baik adalah untuk membersihkan karburator dan merakitnya lagi secara sempurna. Jika hal tersebut masih tidak memperbaiki apapun maka ada baiknya untuk mencoba mengganti pelampung dengan yang baru, tapi sebisa mungkin ganti juga dudukannya. Jika hal tersebut masih belum berhasil menyelesaikan masalah, mengatur kembali ketinggian bahan bakar yang diset pada pelampung akan menjadi alternatif yang baik.

Pada beberapa cara membetulkan karburator mobil biasanya akan diperlukan kemampuan untuk membongkar dan memasang lagi karburator tersebut. Untuk melakukannya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, kita harus membongkar air filter.
  • Jika dinilai akan lupa, ambil foto sebelum membongkar menggunakan kamera.
  • Setelah selesai, mulai membuka selang-selang serta kabel yang langsung terhubung ke karburator.
  • Buka seluruh bagian karburator yang akan dibersihkan, tapi sebelumnya pastikan seluruh mur atau baut telah terlepas.
  • Untuk membersihkannya, bisa menggunakan bensin dan kuas untuk cara manual atau menyemprotnya dengan carburator cleaner.
  • Semprotkan angin kompresor pada seluruh lubang karburator.
  • Rakit ulang seluruh komponen.

Selesai melakukannya, pasang kembali seluruh bagian dari karburator ke tempatanya dan kita sudah berhasil mengetahui cara memperbaiki karburator mobil yang soak.

Mungkin Anda juga perlu mengentahui cara memperbaiki kelistrikan pada mobil tua.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *