Komponen Karburator Mobil Kijang dan Fungsinya

Komponen karburator mobil Kijang – Karburator ialah komponen pada kendaraan baik mobil ataupun motor dan dapat dikatakan fungsinya termasuk vital karena sebagai amunisi kendaraan pada sistem pengapian. Tanpa karburator tentu mobil Anda tidak akan bisa bekerja dan oleh karenanya Anda juga harus paham tentang komponen-komponen dari karburator ini.

Fungsi karburator sendiri ialah mengabutkan bahan bakar yang tercampur dengan udara agar nantinya dapat diperoleh perbandingan sempurna sebelum disemprotkan di ruang pembakaran mesin mobil. Sehingga jika karburator mengalami masalah, maka kecepatan maupun performa mesinnya juga tak dapat maksimal. Setting dari karburator sendiri juga akan lebih baik dilakukan oleh mereka yang sudah profesional tapi juga penting bagi Anda mengetahui komponen persisnya.

Kaburator mobil dan fungsinya

Macam komponen karburator mobil Kijang

Salah satu kendaraan roda empat yang mempunyai karburator adalah mobil Kijang. Pada umumnya, komponen karburator mobil Kijang sama begitu juga fungsinya dari mobil-mobil lainnya, hanya saja mungkin bentuk atau desainnya yang berbeda. Berikut ini macam komponen mobil secara umum adalah:

  1. Wadah/ruangan bahan bakar (chamber):
    Untuk tempat penampungan sementara namun setelah tangki bahan bakar dan dilengkapi dengan pelampung (floater/floater chamber) yang fungsinya untuk mengatur agar tinggi bahan bakar di dalamnya selalu sama. Bahan bakar ini akan masuk melalui sebuah katup jarum atau needle valve dan saat bahan bakarnya berkurang maka pelampung tersebut akan turun kemudian membuka katup bahan bakar. Sebaliknya ketika bahan bakar sudah terisi secara penuh maka pelampung akan kembali naik lalu menutup katup tadi. Floater ini akan bekerja otomatis tergantung tinggi atau rendah bahan bakar dan hati-hati kalau terjadi banjir, sebab floater tidak akan berfungsi maksimal.
  1. Pelampung (floater):
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, floater dalam prinsip kerja karburator pada mobil ialah untuk menjaga level bahan bakarnya agar tingginya selalu sama dan tetap/stabil.
  1. Thorttle valve/piston valve/butterfly valve
    Gunanya mengatur campuran udara yang ada pada bahan bakar dengan jalan mengatur besar dan kecil pembukaan tabung karburator. Bagian valve ini bekerja bersamaan dengan jarum skep (main jet) karena ketika piston valve membuka, main jet atau jarum skep akan ikutan terbuka sehingga mereka adalah kesatuan.
  1. Jarum skep/jarum pengabut (main jet)
    Seperti penjelasan sebelumnya, fungsi main jet ini ialah mengatur aliran bahan bakar di sistem utama pada putaran tinggi serta menengah. Bentuk jarum ini kalau semakin ke bawah ukurannya akan makin kecil alias makin lancip.
  1. Slow jet
    Fungsinya untuk menyuplai antara bahan bakar dengan udara bersih saat mobil dalam keadaan langsam atau idle. Bentuknya seperti lubang kecil dan terletak di bagian depan karburator.
  1. Pilot jet
    Komponen karburator beserta fungsinya yakni pilot jet ialah untuk mengontrol aliran bahan bakar di bagian sistem pilot pada putaran menengah maupun rendah.
  1. Piston valve screw
    Sekrup untuk mengatur besar kecilnya udara dan bahan bakar. Performa karburator juga tergantung pada setting valve ini.
  1. Pegas dan diaphragma
    Komponen ini berfungsi berdasar perbedaan tekanan udara luar dengan tekanan negatif yang ada pada lubang pengontrol jumlah udara masuk.

Itu tadi komponen karburator mobil Kijang dan kendaraan mobil-mobil lainnya yang perlu Anda pahami. Sebaiknya karburator mobil juga dilakukan servis berkala secara teratur agar karburator mobil atau motor tetap awet dan tidak mudah rusak. Kalau memang terjadi masalah, segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *