Cara Setel Turbo Intercooler dan Info Cara Kerjanya

Cara setel turbo intercooler mungkin menjadi satu hal yang membuat beberapa orang penasaran karena masih belum terlalu familiar. Turbo sendiri merupakan komponen tambahan yang sangat berguna untuk membuat tenaga mesin meningkat dan volume silinder mesin tidak perlu diperbesar. Satu hal yang dimanfaatkan oleh turbo di sini adalah tenaga putaran sebagai hasil dari gas buang untuk menyuplai udara ke dalam silinder lebih banyak. Bagi sejumlah orang, mereka akan lebih memilih sebuah kendaraan mobil di mana terdapat turbocharger tersedia untuk melengkapinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat mengerti cara kerja turbo serta manfaatnya selain dari cara menyetelnya.

Cara Setel Turbo Intercooler dan Manfaatnya

cara pasang Turbo Intercooler

Turbo intercooler dibutuhkan karena ketika tekanan udara meningkat disebabkan oleh turbo yang mendorong masuk, suhu pun ikut naik dan pemanasan udara semacam ini akan membuat mesin berkondisi buruk. Alasan pertama adalah karena ruang bakar memiliki temperatur yang naik, dan kemudian udara akan dibuat memuai oleh panas sehingga terjadi kurangnya kerapatan udara. Intercooler dibutuhkan untuk menyeimbangkan karena panas perlu dilepaskan. Hampir mirip dengan radiator tapi manfaatnya bukan untuk membuat engine coolant dingin, melainkan membuat dingin udara yang masuk melewatinya. Dengan demikian akan ada lebih banyak volume udara yang bisa masuk ke dalam silinder dan terjadi peningkatan pada kerapatan udara serta menurunnya temperatur ruang bakar.

  1. Siapkan tang kecil atau tang besar serta peer standar.
  2. Temukan unit turbo lebih dulu sebelum wastegate dinonaktifkan. Unit turbo terletak di sisi kanan mobil yang ada di exhaust manifold.
  3. Setelah menemukan unit turbo, bagian bawah wajib untuk diperiksa karena di sana akan ada sebatang tongkat besi berujung di alat sejenis vakum dan bermuara di lengannya. Periksalah karena bagian tersebut memiliki ujung yang bulat dan terdapat plastik.
  4. Bila telah menemukan sebatang besi yang panjangnya sekitar 12 sentimeter, tariklah ke kiri dan Anda akan merasa seperti ditahan oleh peer.
  5. Cara setel turbo intercooler dan meningkatkan performa mobil adalah dengan membuat batang yang sudah ditemukan sebelumnya menjadi lebih kaku dengan memanfaatkan peer. Bukaan katup wastegate akan otomatis diperlambat oleh peer wastegate yang lebih keras.
  6. Peer tadi bisa dicantolkan ke tuas wastegate, sedangkan ujung satunya bisa dipasang di bagian dudukan wastegate actuator.

Bagi yang suka utak-atik mobil, cara kerja turbo intercooler pada mesin diesel pasti sudah bukan hal asing lagi. Terdapat sebatang sumbu yang di setiap ujungnya terdapat kipas di mana keduanya berada di ruang yang beda pada turbo. Turbin wheel adalah istilah untuk kipas pertama yang ada di saluran exhaust manifold dan ketika gas buang melewatinya maka ia akan berputar.

Keseluruhan batang sumbu akan berputar, termasuk blower impeller atau kipas kedua yang ada di ujung lainnya. Peletakan dari kipas kedua adalah di saluran udara yang masuk ke mesin dan udara akan dapat masuk ke dalam mesin karena didorong oleh perputaran kipas kedua. Kinerja turbo akan dimulai dan efektif sewaktu exhaust manifold sudah menjangkau tekanan penuh dan cukup sehingga turbin wheel dapat berputar.

Turbo sangat bermanfaat karena itu artinya terjadi peningkatan pada tekanan udara di intake manifold. Udara yang masuk ke ruang bakar lebih cepat dan lebih banyak ketika intake manifold lebih tinggi dan intake valve terbuka. Efisiensi dan kesempurnaan proses pembakaran pada dasarnya didukung oleh turbo dan cara kerjanya ini, oleh sebab itulah mengapa penting untuk mengetahui cara setel turbo intercooler.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *