Cara Setel Klep Mesin Diesel 4 Silinder

Sebelum membahas tentang cara setel klep mesin diesel 4 silinder, mari kita bahas terlebih dahulu soal klep/katup itu sendiri atau yang dalam bahasa Inggris disebut valve. Fungsinya sendiri adalah untuk pengaturan pembuangan gas kotor dan gas baru bersumber dari pembakaran mesin. Tugas ini teramat penting, jadi apabila terjadi kerusakan misalnya bocor atau atau gangguan lainnya, maka tenaga mesin akan menurun alias performa mesinnya jadi ngedrop. So, biasanya diperlukan penyetelan klep sebelum mesin dihidupkan sebab klep atau celah katup ini merupakan komponen penting bagi mobil.

Mengapa diperlukan penyetelan klep mesin?

cara setel klep mesin diesel 4 silinder

Karena kalau klepnya terlalu sempit atau longgar bisa membuat masalah, seperti:

  • Kalau terlalu sempit: bukanya terlalu awal dan pas nutup malah terlalu lambat, bisa berakibat pengapian balik atau salah pengapian.
  • Kalau terlalu longgar: Kebalikannya, bukanya terlalu lambat dan nutup terlalu cepat, bisa menimbulkan suara berisik serta getaran.

Karena perannya yang vital, diperlukan cara stel klep mesin diesel 4 silinder dengan benar. Kalau tidak benar bisa jadi masalah-masalah seperti di atas.

Cara setel klep mesin diesel 4 silinder

Cara menyetel katup mobil 4 silinder gampang-gampang susah. Tidak masalah jika mobil berbeda-beda jenis karena langkah di bawah mengajarkan tutorial dasarnya saja, jadi untuk mesin mobil serta mekanisme katup berbeda dapat menyesuaikan:

  1. Persiapkanlah alat-alatnya terlebih dahulu: obeng, feller gauge, kunci yang sesuai dengan jenis mobil Anda, dan lainnya yang sekiranya diperlukan.
  2. Jangan lupa cek bahan bakar, air radiator, serta oli mesin. Panaskan mesin mobil kurang lebih 5 menitan.
  3. Setelah itu baru buka cover kepala silindernya.
  4. Putarlah poros engkol sampai tanda pulinya tepat di angka 0 tutup rantai timing.
  5. Tentukan top kompresi silindernya 1 atau 4. Caranya yaitu dengan melakukan pengecekan saat katup masuk, silinder mana yang gerak bersamaan ketika Anda memutar poros engkol. Gerak-gerakkan puli poros engkolnya dan perhatikan masuk silinder 1 atau 4.
  6. Apabila katupnya masuk ke silinder 4, maka saat tanda puli tepat di angka 0 artinya yang mengalami top kompresi adalah silinder 1 dan sebaliknya.
  7. Lihatlah tabel atau diagram proses kerja silinder untuk menentukan katup yang boleh disetel saat terjadi top kompresi silinder 1 atau 4. Cara lainnya yaitu dengan gerak-gerakkan puli poros engkol dan kalau ada push rod katup yang nggak gerak, maka itu bisa disetel.
  8. Mulai menyetel katup, dengan cara memakai kunci ring 12 untuk kendorkan mur 12-nya.
  9. Masukkan feeler gauge diantara batang katup dan rocker arm. Kemudian pakai obeng untuk mengencangkan atau mengendorkan baut setelan.
  10. Mur penahan dikencangkan setelah Anda berhasil melakukan penyetelan. Baut setelannya juga perlu ditahan ya guys, agar tidak gerak-gerak. Jika masih dirasa ada gesekan pada feeler gauge yang tadi ditempatkan maka ulangi penyetelan.
  11. Setelah penyetelan dirasa sudah sesuai, poros engkol diputar 360 derajat sekali putaran saja. Hal ini dilakukan agar tanda pulinya bertepatan di angka 0 pada tutup rantai timing.
  12. Setel lagi celah katup pada katup lainnya yang belum disetel sesuai speknya.
  13. Untuk mengecek apakah penyetelan sudah berhasil, maka hidupkan mesin mobil dan lihat sudah mulus atau belum.
  14. Jika sudah halus mesinnya, tinggal tutup kepala silinder serta komponen yang lain.
  15. Selesai dan jangan lupa bersihkan area kerja Anda.

Demikian cara setel klep mesin diesel 4 silinder, Anda juga bisa berbagi-bagi tips untuk jenis mobil tertentu. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *