Cara Perbaikan Kelistrikan Pada Mobil Tua

Ketika membeli sebuah mobil yang umurnya sudah dari beberapa tahun yang lalu, kita mungkin akan terpikir untuk mencari tahu tentang cara perbaikan kelistrikan pada mobil tua agar semuanya kembali berjalan lancar, meski memang tidak bisa seperti baru tapi paling tidak agar terlepas dari masalah yang ada.

Cara Perbaikan Kelistrikan Pada Mobil Tua Dengan Mudah dan Tepat

Tidak seperti mengatasi masalah dengan mesin mobil, kelistrikan yang ada pada mobil ternyata jauh lebih sulit untuk dicari karena untuk melakukannya harus mengurutkan semua komponennya satu persatu dari bagian aki mobil itu sendiri hingga akhirnya tiba pada bagian yang rusak tadi. Hal ini menjadi lebih parah ketika kita harus melakukan perbaikan kelistrikan pada mobil jadul alias mobil yang sudah sangat tua.

Cara Perbaikan Kelistrikan Pada Mobil Tua Dengan Mudah

Bagian sikring

Sebelum memulai perbaikan kelistrikan pada mobil, amat disarankan agar orang yang ingin melakukan perbaikan tersebut sudah memiliki cadangan sikring yang ukurannya bermacam-macam mulai dari yang 10 ampere hingga 20 ampere. Jika tidak ditemukan, perbaikan kelistrikan pada mobil tua tetap bisa dilakukan tapi kita harus mengganti sikring tadi dengan kabel sebagai jumper.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan ketika kita mencoba untuk memperbaiki kelistrikan adalah bagian sikring dan hal tersebut memang harus dilakukan pengujian secara berkala. Hal ini disebabkan karena komponen tersebut digunakan paling sering, dan tentu saja performanya akan berkurang karena hal tersebut. Cara perbaikan kelistrikan pada mobil tua di bagian ini cukup mudah, dimana kita akan melakukan pengecekan pusat sikring yang letaknya ada di kap depan. Setelah selesai, kita harus melakukan pengecekan lagi pada pusat lainnya yang terletak di bawah dasbor mobil.

Masalah aki

Langkah awal yang biasa dilakukan dalam cara perbaikan kelistrikan pada mobil tua adalah untuk memeriksa kondisi aki mobil yang digunakan. Masalah utama pada suplai listrik mobil biasanya disebabkan oleh masalah yang ada pada aki mobil. Kita juga jangan lupa untuk melakukan pengecekan masa berlaku dari aki mobil tadi, karena jika masanya sudah lewat maka kinerja akan berkurang atau bahkan bisa tidak bekerja sama sekali. Pastikan juga bahwa air aki tidak kering, karena hal tersebut akan merusak sel aki.

Pengkabelan

Cara perbaikan kelistrikan pada mobil dengan mudah kemudian berlanjut dengan topik yang lebih krusial, yaitu pengkabelan. Hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah masalah kelistrikan yang ada pada mobil ternyata disebabkan oleh lepasnya kabel, atau masalah perkabelan lainnya seperti kabel yang terlilit atau malah rusak. Yang harus diperhatikan pada bagian ini adalah ketika kabel rusak jangan pernah lakukan penyambungan kabel karena hal tersebut hanya akan membuat kabel menjadi jauh lebih cepat rusak. Yang disarankan adalah untuk langsung mengganti kabel secara keseluruhan. Meski begitu jika memang amat sangat terdesak untuk menyambungkan kabel tersebut maka ada baiknya untuk menggunakan part yang mampu menyambungkan kabel tadi atau bisa menyoldernya, dan jangan lupa untuk melapisi kabel tadi dengan isolasi secara erat.

Alternator

Bagian terakhir yang harus diperhatikan ketika seseorang melakukan perbaikan listrik adalah bagian alternator dari mobil, dimana alternator bertugas untuk mengalirkan suplai listrik ke dalam aki mobil. Untuk melakukan pengecekan pada alternator, disarankan untuk mengambil lampu LED yang bisa ditempelkan. Jika lampu tersebut menyala saat ditempelkan di konektor lighter, maka alternator yang dimiliki ada dalam kondisi buruk, sementara warna biru menunjukkan bahwa kondisi alternator baik.

Semoga dengan membaca cara perbaikan kelistrikan pada mobil tua yang singkat ini, kita bisa memperbaiki sendiri kelistrikan mobil kita.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *