Cara Pemasangan Rem Kampas Dutro Sendiri

Hino Dutro merupakan merek kendaraan pabrikan Jepang dan salah satunya memproduksi tipe truk yang sering digunakan untuk mobil komersial seperti angkutan proyek, dsb. Sama seperti mobil penumpang, meski Dutro dipakai lebih ke kendaraan komersial atau angkutan umum tapi komponen-komponennya juga perlu selalu dicek dan jika rusak perlu diganti. Cara pemasangan rem kampas Dutro contohnya juga bisa dilakukan ketika dirasa sistem pengereman tak bisa bekerja secara maksimal. Berikut kami berikan beberapa info penting mengenai kampas rem Dutro atau brake lining beserta dengan contoh pemasangannya.

Tentang kampas rem Hino Dutro

cara pasang suku cadang kampas rem

Tidak perlu repot-repot mencari kampas rem untuk kendaraan Dutro, karena perusahaannya sendiri yaitu Hino telah memproduksi sparepart kampas rem atau brake lining untuk sistem pengereman kendaraan mereka. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara pemasangan rem kampas Dutro ini, lebih baik mengetahu terlebih dahulu tentang komponen itu sendiri.

Dalam memilih kampas rem, Anda harus mencari yang mampu memberikan daya cengkeraman yang kuat, tahan lama alias awet, serta yang tidak merusak bagian drum. Intinya pilihlah brake lining berkualitas baik yang dapat memberikan jaminan keselamatan bagi pengendaranya karena tidak sedikit banyak kasus kecelakaan akibat rem blong. Untungnya Hino sudah memproduksi kampas rem khusus dengan kualitas bagus dan tidak menimbulkan suara yang berisik ketika terjadi panas saat truk direm. Karena itu jika ingin melakukan pergantian kampas rem, pilihlah suku cadang yang standar buatan Hino karena pasti sudah pas betul.

Fungsi kampas rem sendiri adalah untuk menghambat atau menghentikan kecepatan suatu putaran benda. Kampas ini terbuat dari campuran bahan yang dimanfaatkan sebagai penahan gesekan antara 2 buah plate dan biasanya dipasang antara tromol/drum dengan brake shoe, disc dan backing plate, serta pressure plate dengan disc plate.

Cara pemasangan kampas rem Dutro

Berikut ini langkah-langkah cara memasang rem kampas Dutro, yaitu:

  1. Pertama-tama siapkan beberapa buah alat, seperti kunci roda, pendongkrak untuk mengangkat roda, kunci shock atau kunci pas untuk membuka baut pen caliper, pasta caliper atau rubber grease, dan terakhir track untuk mendorong piston rem.
  2. Selanjutnya belilah rem kampas yang benar dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa membeli suku cadang asli yaitu sparepart rem kampas buatan Hino untuk truk Dutro yang tidak berisik dan juga kualitasnya bagus.
  3. Pastikan truk Anda dalam keadaan dingin jika habis dipakai berkendara. Perlahan dongkrak truk di bagian depan tepatnya di belakang roda yang mau diganti rem kampasnya.
  4. Kendorkan lalu lepas semua mur roda dengan memakai kunci roda tadi yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian lepaskan roda dari hubnya sampai terlihat disc brakenya.
  5. Langkah selanjutnya memakai kunci pas untuk membuka pen calipernya, lalu setelah baut pen caliper terbuka tinggal dinaikkan ke atas calipernya. Tarik rem kampasnya ke arah luar dan juga cek kondisi pelumasan pen caliper, kalau kurang pelumas perlulah Anda melumasinya tipis. Rubber grease dapat dipakai untuk mencegah karet pen caliper atau bootnya rusak.
  6. Pindahkan plat kampas rem lama ke yang baru setelah rem kampas berhasil dibuka, pasanglah rem kampas yang baru tersebut tepat sama seperti posisi kampas yang lama.
  7. Jangan lupa cek juga oli remnya dan tambahkan kalau kurang, kemudian tutup dan pasang kembali calipernya dengan kuat sambil dikencangkan. Terakhir, pasang juga rodanya sama seperti semula ketika dongkrak sudah dilepas dan jangan lupa mur atau baut roda perlu dikencangkan.

Untuk memastikan rem kampas terpasang dengan benar, nyalakan mesin dan injaklah pedal beberapa kali. Kalau mendengar suara aneh seakan ada logam bergeser maka cara pemasangan rem kampas Dutro harus segera diperbaiki. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *