Cara Mudah Merawat Mobil Diesel

Terdapat beberapa jenis mobil dengan pemakaian bahan bakar yang berbeda. Terutama mobil untuk keluarga, biasanya menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan pertamax. Untuk mobil yang menggunakan jenis bahan bakar solar sering disebut dengan mobil jenis diesel. Mobil jenis ini biasanya memiliki performa mesin yang lebih kuat dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin.

Walaupun mobil diesel tergolong jenis mobil yang paling stabil dalam performa mesinnya, bukan berarti Anda meremehkan dalam perawatannya. Perawatan mobil diesel juga tergolong lebih mudah dibandingkan jenis mobil berbahan bakar bensin. Selain itu, mobil diesel dikenal lebih irit terhadap bahan bakar. Mobil ini juga memiliki pasaran jual kembali dengan nilai yang tinggi, bukan hanya di Indonesia saja, melainnya diseluruh dunia. Nah, jika sudah memiliki banyak kelebihan dari mobil diesel Anda, apakah Anda masih malas untuk melakukan perawatan pada mobil jenis diesel ini. Berikut ini ada beberapa cara mudah merawat mobil diesel yang akan membantu Anda untuk memberikan perawataan pada mobik diesel kesayangan Anda.

Cara Mudah Merawat Mobil Diesel

  • Pada mobil diesel yang sudah dilengkapi dengan teknologi common rail, lebih baik perhatikan kadar bahan bakarnya,yaitu dengan menggunakan bahan bakar solar yang memiliki kadar sulfur rendah. Bahan bakar yang memiliki sulfur rendah akan menjadikan mobil diesel anda memiliki ferforma mesin lebih ringan saat dikendarai, suara mesin lebih halus dan asap yang dikeluarkan dari saluran pembuangan akan lebih bersih
  • Sebelum digunakan, sebaiknya lakukan pemanasan mesin yang cukup, langkah ini bertujuan untuk menyeimbangkan sirkulasi oil pada komponen mesin agar dapat berjalan dengan baik.
  • Cek dan bersihkan saringan udara mobil diesel Anda secara rutin, cek seminggu sekali jika Anda sering menggunakan mobil Anda. Jika saringan mobil tersumbat, akan menjadikan mobil boros akan bahan bakar, selain itu, performa mesin juga menurun yang dikarenakan proses pembakaran berjalan tidak sempurna.
  • Jaga volume bahan bakar solar mobil diesel Anda, minimal seperempat dari tangki bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk mencegah penguapan yang ada dalam tangki bahan bakar, penguapan akan memberikan kadar air pada solar yang ada dalam tangki. Banyaknya kadar air yang tercampur akan memberikan performa mesin yang akan menurun drastis dikarenakan kualitas bahan bakar menurun karena tercampur kadar air.

Demikian penjelasan mengenai cara mudah merawat mobil diesel, dengan mengikuti beberapa langkah cara di atas, mobil diesel Anda akan berada pada performa mesin yang selalu normal. Selain mengikuti beberapa langkah di atas, sebaiknya Anda juga melakukan konsultasi pada montir yang ahli dalam penanganan mobil diesel, untuk membantu Anda dalam perawatan mobil diesel yang lebih sempurna.


, , Tips dan Trik
Admin June 6, 2014 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *