Cara Mudah Memperbaiki Rem Mobil Kurang Pakem

Pengetahuan mengenai cara memperbaiki rem mobil kurang pakem baik yang di depan maupun di belakanag menjadi sangat penting bagi semua orang yang memiliki mobil. Hal ini dikarenakan rem merupakan salah satu bagian paling krusial di dalam mobil, dan kesalahan sedikit saja di rem maka akan menyebabkan hal yang fatal kepada pengendara dan orang lain di jalanan. Belum lagi mengingat kerusakan sedikit saja pada salah satu komponen maka akan membuat rem yang kita miliki menjadi tidak lagi pakem seperti sedia kala.

Mengetahui Akar Masalah Sebelum Memperbaiki Rem Mobil Kurang Pakem

Cara Mudah Memperbaiki Rem depan dan belakang Mobil Kurang Pakem

Sebelum kita mencari tahu lebih banyak mengenai cara memperbaiki rem mobil, ada baiknya kita juga sudah mengetahui apa alasan mobil kita menjadi blong remnya:

  • Kanvas untuk rem mulai menipis atau basah
    Masalah ini biasanya berkaitan dengan master dari rem yang kita miliki. Jika kanvas rem terkena air, maka remnya akan menjadi lebih licin dari biasanya, dan jika sudah habis maka tidak bisa mencengkram seperti sedia kala.
  • Master hidraulik untuk rem bawah dan atas sudah mulai bocor atau macet
    Ketika memperbaiki rem mobil kurang pakem, mungkin kita akan menemukan master rem macet. Jika begitu, maka piston dari rem tidak akan berfungsi secara sempurna. Kondisi rem bawah bocor bisa diketahui dari pedal rem yang bagel. Untuk yang atas, akan ketahuan.
  • Servo atau booster rem rusak
    Masalah pada rem yang sering terjadi lainnya adalah servonya rusak. Saat hal ini terjadi, maka rem akan menjadi tidak enak diinjak. Banyak penyebab servo bisa rusak seperti misalnya minyak rem masuk kedalamnya, atau kebocoran dari master rem bagian atas.
  • Setelan yang digunakan terlalu rendah
    Cara untuk menghentikan kesalahan yang satu ini adalah dengan mengeset ulang kerapatan dari seluruh kanvas rem di semua roda mobil anda.

Cara-Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Memperbaiki Rem Mobil Kurang Pakem Tipe Cakram

Ada beberapa jenis rem yang biasa digunakan pada mobil-mobil masa kini, dan untuk memperbaiki rem mobil kurang pakem maka kita harus mengetahui jenis rem yang kita miliki. Jika kita memiliki rem cakram, maka caranya adalah sebagai berikut:

  • Jika rem kita macet ketika berputar, maka biasanya terjadi karena posisi padnya tidak rata saat menyentuh piringan. Untuk mengatasi hal ini, bisa ganti selang rem atau dengan mengganti seal dari master rem mobil yang kita miliki.
  • Angin yang masuk ke sistem rem bisa juga membuat rem cakram kita tidak lagi pakem. Jika hal ini terjadi, pertama kita harus mengecek minyak rem. Jika sudah penuh, kocok terus handle dari rem kita dan buka napel, lalu setelah anginnya keluar bisa kita kencangkan lagi. Ulangi ini hingga rem sudah menjadi normal.
  • Ada kemungkinan bahwa piringan cakram yang digunakan oleh rem mobil kita tidak lagi rata. Untuk memperbaiki rem mobil kurang pakem karena masalah ini, kita bisa mengganti kanvas rem yang saat ini sedang digunakan oleh mobil kita.
  • Masalah lainnya yang sering terjadi adalah minyak rem sudah berkurang kemampuannya. Hal ini biasa terjadi, dan karenanya juga penggantian akan minyak rem perlu bahkan wajib dilakukan secara berkala. Pastikan bahwa jumlah minyak rem kita masih cukup, dan segera ganti jika angkanya sudah ada di titik kritis. Hal ini bisa mencegah kita memperbaiki rem mobil kurang pakem di kemudian hari.

Nah inilah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki rem depan atau rem belakang mobil anda yang kurang pakem, semoga bermanfaat.

Baca juga:


6 thoughts on “Cara Mudah Memperbaiki Rem Mobil Kurang Pakem

  1. Agan saya mau nanya gan,mobil expas saya kurang fakem karena sistem remnya banyak masuk agin.saya sdh coba ganti master rem atas sama belakang,tetap saja rem saya terasa kenyal waktu di injak padahal saya sdh buang agin berkali2 sampai minyakrem habis 2 botol sesar tetap saj terasa kenyal dan saat mobil di hidupin pedal remnya sampai kandas setelah itu saya coba lagi buang angin bagian belakang ehh masih juga ada aginnya sampai 2 botol besar minyak rem tetap saja aginnya ga mau hilang.Apa ya solusinya……?

  2. Apakah bisa terjadi kesistem pengereman apabila karet booster sudah tidak elastis lagi atau karet vacum booster sudah keras menjadikan rem kurang pakem_?

  3. Mau tanya. Om mobilku rem nya di kocok bolak balik keluar minyaknya tdk bisa kenceng,trus master rem kalau di injak pedal rem dak mau nahan,cepat gembosnya,penyebabnya apa ya ms minta saran dan infonya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *