Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Ban motor merupakan bagian kendaraan yang amat penting untuk selalu dirawat agar tetap awet. Jika malas mencoba cara merawat ban motor agar awet maka akibatnya bisa fatal. Banyak sekali kasus kecelakaan motor yang disebabkan oleh karena ban yang sudah aus sehingga membuat motor terpeleset atau tergelincir saat dikendarai.

Kebanyakan orang karena faktor harga lebih memilih mengganti ban mereka dengan ban bekas atau ban tambalan yang tidak layak pakai. Daripada sering mengganti ban lebih baik merawatnya agar awet. Ban yang dirawat bisa awet sampai satu setengah tahun.

Tips Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet dan Bersih

Berikut ini tips tentang cara merawat ban motor agar awet sekaligus bersih:

  1. Bersihkan ban motor seminggu sekali. Gunakan sabun cuci yan dibuat khusus untuk membersihkan ban motor dan rimnya. Pakai wax untuk membuat ban tetap kinclong. Ban yang dibersihkan akan lebih awet.
  2. Periksalah apakah ban mengalami kebocoran. Caranya dengan membuka tutup pentil kemudian masukkan lubang pentil ke dalam ember berisi air sabun. Apabila air sabun membentuk gelembung-gelembung udara maka dapat dipastikan pentil rusak dan bocor. Untuk itu segeralah tutup pentil dan gunakan alat pengencang pentil agar pentil tertutup rapat, kalau pentil rusak maka harus segera diganti. Bila ban masih bocor cobalah periksa apakah ada paku atau benda tajam lainnya yang bisa membuat kebocoran.
  3. Periksalah tekanan ban, apakah ban kempes atau tidak. Jika ban kempes maka harus segera dipompa karena bila tidak bisa membut ban menjadi bocor bahkan aus. Saat berkendara jangan membebani sepeda motor dengan berat yang berlebihan karena bisa menyebabkan ban mudah rusak.
  4. Jika ban sudah aus maka harus segera diganti karena ban yang aus akan membuat sepeda motor mudah tergelincir atau terpeleset apalagi jika anda mengendarainya di waktu hujan.
  5. Saat anda berkendara sebaiknya hindari lubang besar karena lubang besar akan membuat ban bocor dan cepat rusak.
  6. Periksalah tekanan angin setiap hari. Ban harus memiliki tekanan angin yang seimbang, selain itu jaga agar tekanan angin tidak melebihi batas yang sudah ditentukan.
  7. Jangan suka mengerem mendadak saat anda mengendarai motor di jalan. Saat anda mengerem mendadak maka ban akan langsung terkunci dan bergesekan keras dengan aspal. Hal ini akan membuat ban cepat aus dan licin.

Cara merawat ban motor agar awet adalah dengan memilih tipe ban yan sesuai dengan lingkungan. Ada tiga tipe ban yang cocok di gunakan untuk tiap lingkungan yaitu ban untuk penggunaan jalan beraspal (Highway Terrain), ban untuk penggunaan di jalan yang berbatu dan berlumpur (Mud Terrain), dan ban yang cocok digunakan di segala medan  (All Terrain).


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *