Cara Menyetel Turbo Canter Agar Nyaring

Saat ini sudah banyak sekali mobil maupun truk yang sengaja dipasang mesin turbo dengan tujuan agar performa mesinnya bisa meningkat jauh dibandingkan dengan mesin mobil/truk tanpa turbo. Nah, salah satu truk yang sudah dipasangi mesin turbo, yaitu Mitsubishi Canter Turbo Intercooler. Selain agar kekuatan mesin lebih bertenaga, diharapkan penggunaan mesin turbo semacam ini juga mampu membuat bahan bakar menjadi lebih irit.

Untuk Canter sendiri, mungkin ada keluaran-keluaran tahun lama dengan suara mesin turbo nya kurang nyaring atau bahkan tidak bersuara sama sekali. Bagi Anda yang menginginkan agar turbo Canter lebih nyaring, maka berikut beberapa cara menyetel turbo Canter agar nyaring dan juga kelihatan bertenaga lebih baik.

Cara menyetel turbo Canter agar nyaring

Sebelum kita membahas tentang cara menyetel turbo Mitsubishi Canter agar nyaring, lebih baik kita ketahui terlebih dahulu seluk beluk tentang mesin turbo. Penggunaan mesin turbo sendiri memang sengaja dipakai untuk meningkatkan performa kendaraan secara spontan. Bahkan beberapa mobil/ truk yang tidak bermesin turbo bisa dimodifikasi agar bisa seperti bermesin turbo.

Cara menyetel turbo Canter agar nyaring

Caranya? Anda bisa memasang Turbo Whistler. Dengan alat ini yang dipasangkan pada bagian belakang knalpot yang nanti dapat merubah suara udara yang dihasilkan agar seperti mesin truk ber-turbo. Harga alat ini juga dipatok murah dan pemasangannya pun mudah, bisa dipasang pada jenis mobil/truk apapun. Inti dari pemasangan alat ini adalah agar mobil/truk Anda bisa seolah-olah bermesin turbocharged.

Lalu untuk truk yang sudah dipasangi dengan turbo macam Canter, apa yang bisa dilakukan agar suaranya makin nyaring?

Cara modifikasi turbo Canter agar nyaring yaitu dengan mengganti sambung knalpotnya. Mitsubishi Canter rata-rata memang kurang bertenaga, sehingga jika ingin menaikkan performa mesin termasuk suaranya agar nyaring harus dimodifikasi di bagian injeksi. Memang cukup rumit untuk menyetel turbo Canter ini, tapi Anda bisa coba membongkar pasang bagian wastegatenya dan jika suara bermasalah atau ingin lebih nyaring bertenaga maka yang perlu dimainkan adalah pada bagian injeksi. Misalnya dengan mengganti sambungan knalpot yang ada pipa elastisnya yang berada di dekat rem angin sehingga bisa berbunyi.

Lalu, jika bagian sulingnya tidak bersuara sama sekali, maka langkah di bawah bisa dicoba:

  • Tutup rem angin/briknya di buka.
  • Untuk menyetelnya memakai kunci 10.
  • Kemudian di bagian dalam cari baut 10 yang dipasang untuk menunjang setelan rem angin tersebut/brik, lalu dimundurin/ dipasang ke arah belakang. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk baut kontrolnya dikendorkan terlebih dahulu sebelum melakukan semua langkah tersebut.

Di atas mungkin hanyalah modifikasi amat sederhana yang bisa dicoba. Tapi jika ingin modifikasi yang lebih maksimal dan memuaskan, maka mintalah bantuan profesional yang paham tentang seluk beluk mesin mobil Canter.

Kemudian agar turbo truk Anda bisa bekerja lebih baik, berikut ini yang perlu Anda lakukan:

  1. Pemakaian oli yang direkomendasikan oleh produsen mobil.
  2. Jika suara memang kurang keras disertai power truk kurang, maka bisa jadi ada masalah pada mesin.
  3. Pilih bengkel yang betul-betul ahli dan profesional dalam mesin turbo.
  4. Selalu periksa jika ada kebocorang maupun suara-suara aneh yang keluar.
  5. Jangan lupa selalu memanaskan mesin selama beberapa saat sebelum Anda menginjak gas untuk mengaktifkan mesin turbo.

Itulah cara menyetel turbo Canter agar nyaring dan cara membuat mesin turbo agar selalu bekerja lebih baik. Selamat mencoba.

Cara Menyetel Turbo Mitsubishi Canter dengan Mudah


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *