Cara Mengatasi Rem Mobil Masuk Angin

Rem merupakan salah satu komponen paling vital pada mobil, tanpa kondisi rem yang powerful, bisa dipastikan lajunya mobil tidak akan stabil, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Kondisi rem yang tidak pakem, disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah masuknya angin pada sistem rem. Meskipun Anda sudah menginjak pedal rem berkali-kali (istilah lainnya dikocok), tetap saja mobil susah untuk diredam lajunya. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan rem blong yang pastinya dapat mengancam nyawa. Dalam artikel ini Anda dapat menemukan cara mengatasi rem mobil masuk angin dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Rem Mobil Masuk Angin

Cara Mengatasi Rem Mobil Masuk Angin

Rem mobil yang kemasukan angin memang dapat menyebabkan masalah serius pada kondisi rem. Banyak orang mengeluhkan remnya mengalami kendala, namun tidak tahu akar penyebabnya. Udara yang masuk dalam sistem rem membuat tekanan rem tidak sampai pada silinder roda, inilah mengapa Anda harus berkali-kali menginjak pedal rem. Perlu Anda ketahui, angin tidak boleh masuk kedalam ruang-ruang sistem rem, karena dapat menghambat tekanan. Sistem rem harus terisi dengan minyak rem saja sehingga rem bisa berfungsi dengan normal. Semoga cara mengatasi rem mobil dalam artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Penyebab Rem Mobil Masuk Angin

Sebelum membahas tentang cara mengatasi rem mobil masuk angin, sebaiknya Anda mengetahui beberapa penyebab rem mobil masuk angin, berikut ulasannya.

  • Angin yang masuk bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada sistem rem.
  • Panas pada minyak rem dapat menyebabkan adaya udara pada sistem rem, karena panas dapat berubah menjadi uap.
  • Minyak rem yang habis juga dapat menyebabkan masuknya angin pada sistem rem.

Cara Mengatasi Rem Mobil Masuk Angin

Nah setelah Anda mengetahui beberapa penyebab rem mobil masuk angin, sekarang waktunya mengetahui beberapa cara mengatasi rem mobil masuk angin, berikut poin-poinnya.

  • Pada dasarnya, untuk mengatasi rem mobil masuk angin adalah Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika ternyata ada kebocoran pada sistem rem, maka tidak ada cara lain selain Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk melakukan penambalan pada area yang bocor.
  • Jika penyebabnya dikarenakan porsi minyak rem yang berkurang, maka segera ganti minyak rem dengan minyak rem yang baru. Ganti minyak rem minimal per 20.000 km sekali. Perlu Anda ketahui, gunakan minyak rem yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.
  • Langkah lainnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan dan menyetel rem secara berkala.

Nah itulah beberapa cara mengatasi rem mobil masuk angin. Pastikan rem mobil selalu dalam keadaan stabil dan bagus, karena rem yang bermasalah sangat berbahaya bagi keselamatan Anda.

Baca Juga:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *