Cara Mencuci Mobil yang Benar Seminggu Sekali

Mobil yang kita pakai sehari-hari sebaiknya perlu dirawat dan dicuci paling tidak seminggu sekali. Mencuci mobil memang dapat dilakukan dengan menggunakan jasa cuci mobil di bengkel.

Namun, ada baiknya kita juga perlu mengetahui cara mencuci mobil sendiri agar kita bisa mengetahui apakah mobil kita dicuci dengan benar atau tidak. Dengan cara mencuci mobil yang benar, kendaraan akan menjadi lebih awet dan mesin mobil akan bekerja dengan lancar.

Cara Mencuci Mobil yang Benar Seminggu Sekali

Langkah-langkah Mencuci Mobil dengan Benar

Cara mencuci mobil yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Pindahkan mobil anda ke tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung agar cairan pembersih dan air yang digunakan untuk mencuci mobil tidak cepat kering. Bersihkan bagian interior terlebih dahulu dengan membuang sampah yang masih tertinggal dan bila ada barang yang masih tertinggal sebaiknya dikeluarkan.
  2. Hisap debu dan kotoran yang ada di tempat duduk, karpet, dan lantai mobil dengan vacuum cleaner khusus mobil. Jika tempat duduk atau jok mobil bisa dilepas maka anda bisa mencucinya dengan air sabun dan spon. Air sabun yang digunakan untuk mencuci jok mobil tidak perlu terlalu banyak. Cara ini juga dapat digunakan untuk mencuci karpet mobil. Setelah itu keringkan dengan kain atau juga bisa diangin-anginkan. Agar interior mobil berbau harum maka bisa disemprotkan sedikit parfum mobil.
  3. Untuk membersihkan jendela mobil bagian dalam gunakan produk pembersih kaca jendela mobil yang sudah dijual secara bebas. Semprot dan langsung lap dengan kain bersih.
  4. Mulailah cara mencuci mobil yang benar pada bagian exterior mobil. Pertama-tama basahi mobil dengan air dari selang kira-kira lima belas detik. Sebelumnya, pastikan pintu dan jendela mobil tertutup rapat. Campur sabun pencuci khusus mobil dengan air kemudian gunakan spon untuk membersihkan atap mobil terlebih dahulu dan bagian-bagian lainnya. Bersihkan mobil dari busa sabun dengan air dari selang, pastikan bahwa busa sabun tidak ada yang tertinggal. Keringkan mobil dengan menggunakan kain bersih.
  5. Untuk mencuci bagian ban mobil gunakanlah sikat dan sabun cuci khusus mobil. Jika ban rim mobil anda terbuat dari metal maka bisa menggunakan sabun pencuci mobil biasa namun apabila rim mobil memiliki warna khusus maka gunakan sabun cuci mobil yang dibuat khusus untuk rim berwarna. Cuci dan bersihkan dengan kain bersih kemudian usapkan wax agar ban mobil terlihat kinclong.
  6. Untuk membersihkan mesin mobil hindari bagian sensor, kabel, dan acu mobil. Kemudian gunakan kain yang sudah dibasahi dengan air dan sabun. Untuk membersihkan minyak dan lemak dapat menggunakan minyak tanah.

Dengan teratur mencuci kendaraan bermotor ,maka bila anda ingin menjual mobil lama harganya tidak akan terlalu jatuh karena mobil anda tetap terlihat bersih dan menarik.

Selain artikel ini mungkin anda juga suka dengan artikel mengenai Tips merawat ban mobil agar awet.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *