Cara Memperbaiki Mobil Penyok Sendiri di Rumah

Cara memperbaiki mobil penyok sendiri gampang-gampang susah, tapi yang paling penting bisa dicoba di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan mobil ke bengkel. Biasanya kalau mobil penyok entah karena tabrakan atau tubrukan kecil dapat membuat tampilan luar kendaraan menjadi tak enak dipandang lagi. Cara paling mudah tentu dengan membawanya ke bengkel, tapi biaya yang harus dikeluarkan tak bisa dibilang sedikit, bisa ratusan ribu rupiah per satu titik penyok dan belum lagi mungkin ada biaya pengecatan. Untuk pengecatan mungkin memang harus dibawa ke bengkel, tapi kalau dapat memperbaiki titik penyoknya sendiri itung-itung mengurangi biaya perbaikan.

2 Cara memperbaiki mobil penyok sendiri

cara memperbaiki bumper mobil penyok sendiri

Cara memperbaiki penyok kecil di mobil bisa dilakukan sendiri, tapi jangan sampai ditekan sembarangan dari luar kuat-kuat karena salah-salah malah penyoknya jadi tambah lebar dan banyak. Dalam repair bodi mobil di rumah, penyok yang tidak mengubah struktur mobil serta posisinya tidak begitu sulit dapat dengan mudah diperbaiki. Berikut ini ada dua tips mudahnya:

1. Menggunakan Hairdryer/pengering rambut dan cairan karbondioksida untuk memperbaiki mobil penyok.

Cara pertama adalah memakai pengering rambut dan cairan karbondioksida, persiapkan alat dan bahan tersebut. Cairan karbondioksida dapat dibeli di toko bahan kimia untuk mudahnya. Kemudian arahkan pengering rambut ke bagian bodi mobil yang terdapat penyok dan tunggu sampai dirasa sudah cukup panas lalu semprotkan cairan karbondioksida yang sudah disiapkan tadi. Jangan lupa bisa ditekan-tekan sedikit untuk membantu agar kembali ke bentuk semula.

Lakukan cara ini sampai bodi mobil bisa kembali ke bentuk semula dan jangan kaget kalau penyok di kendaraan Anda tiba-tiba menghilang. Bagaimana cara kerjanya? Cara ini memanfaatkan perubahan suhu yang tiba-tiba, yaitu dari panas yang dihasilkan oleh hairdryer ke suhu dingin dari cairan karbondioksida, cairan tersebut memiliki sifat dingin bahkan suhunya dapat mencapai hingga 109 derajat celcius. Kesimpulannya, perubahan suhu yang mendadak itu membuahkan daya dorongan yang kuat di bodi mobil sehingga yang tadinya penyok dapat rata seketika.

2. Air panas

Cara memperbaiki mobil penyok sendiri dengan air panas juga sama mudahnya dengan cara yang pertama, hanya saja pengering rambutnya diganti dengan air panas. Sudah ada videonya juga lho, cara memperbaiki mudah seperti ini. Pertama siapkan terlebih dahulu air panasnya lalu siramkan sedikit demi sedikit ke bodi mobil, bisa memakai teko yang diisi air tadi. Setelah itu, pakai kain bersih untuk memberikan tekanan di bodi mobil yang penyok agar bentuknya kembali seperti semula. Tapi ingat, saat ditekan jangan terlalu kuat atau kebablasan karena bisa beresiko malah bodi mobil makin penyok ke dalam, jadi intinya harus hati-hati.

Dua cara di atas dapat digunakan kalau penyoknya tidak terlalu parah, kalau penyok mobil sampai membuat bodinya hancur atau rusak berat maka sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk ditangani secara profesional.

Cara memperbaiki mobil penyok sendiri selain dua cara di atas, masih bisa dengan solusi lain, yaitu memakai alat bantu seperti palu karet dan vakum. Apa kegunaan dua alat ini? Palu karet bisa dipakai untuk mengetok bodi mobil yang penyok dari dalam dan vakumnya sendiri itu merupakan produk pabrikan yang berguna untuk menghisap bodi mobil dari luar agar bentuknya bisa kembali seperti semula. Jadi cekungan di badan mobil bisa dihisap sampai terangkat lagi ke posisi semula, mudah kan?

Itulah cara memperbaiki mobil penyok sendiri yang bisa dipraktekkan di rumah, kalau mau murah dan menghemat biaya servis bengkel. Semoga bermanfaat.


, , Tips dan Trik
Admin September 21, 2016 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *