Cara Membersihkan Turbo Intercooler untuk Mobil Diesel

Cara membersihkan turbo intercooler – Turbocharger atau turbo merupakan salah satu komponen pada mesin mobil yang bertugas untuk meningkatkan tenaga pada mesin tanpa perlu memperbesar cc atau volume silinder mesin tersebut. Intinya, turbo ini akan membuat sistem pembakaran mesin menjadi lebih maksimal dan efisien dengan cara memompa udara lebih saat intek valve terbuka sehingga meningkatkan tenaga mesin mobil.

Lalu apa itu turbo intercooler? Fungsi intercooler pada mesin diesel ialah mendinginkan udara yang dihembuskan oleh turbocharger menuju ke ruang pembakaran. Saat ini hampir semua turbocharger memakai intercooler dan sebetulnya prinsip kerja dari intercooler hampir mirip dengan radiator yang fungsinya juga mendinginkan, hanya saja ia mendinginkan aliran air pada pendingin mesin. Material yang digunakan pun juga sama dan bedanya hanyalah zat yang harus didinginkan yaitu hembusan udara dari luar. Udara yang dikirimkan oleh turbo ke mesin mobil mempunyai suhu yang teramat sangat panas, makanya peran intercooler ini sangatlah penting.

Selain berguna dalam mendinginkan udara, intercooler juga bermanfaat dalam memadatkan udara yang ada pada mesin agar mengeluarkan power maksimal. Posisi dari intercooler ini biasanya dipasang pada bagian depan ataupun bagian yang membuatnya mudah terkena udara atau angin dengan demikian akan semakin mendukung fungsinya dalam mendinginkan hembusan udara dari turbocharger.

Cara membersihkan turbo intercooler dan hal yang harus diperhatikan

cara membersihkan turbo intercooler

Setelah Anda memahami fungsi intercooler pada mesin mobil, sekarang mari kita beralih ke tips cara membersihkan turbo intercooler untuk perawatan secara maksimal. Sebetulnya tidak ada hal yang khusus yang perlu Anda lakukan dalam perawatan intercooler selain rutin untuk membawa mobil Anda ke bengkel agar bisa dilakukan servis termasuk servis merawat serta membersihkan turbocharger dan bagiannya seperti intercooler.

Nah, untuk membersihkannya sendiri tidak aneh-aneh hanya cukup memakai angin bertekanan agar semua kotoran dan debu yang masuk ke dalam turbocharger juga intercooler bisa hilang. Yang penting adalah Anda perlu mengamati kapan sebaiknya dilakukan servis berkala, contohnya saja mobil Toyota Fortuner bermesin diesel, sebaiknya setelah pemakaian 10.000 km harus dilakukan servis, kemudian ada juga mobil Mitsubishi Pajero Sport yang lebih baik dibawa setelah pemakaian 20.000 km.

Untuk membersihkan intercooler maksimal, bisa juga dilepas dari dudukannya apalagi kalau ada masalah yang ada pada tekanan turbonya. Intercooler ini bisa diletakkan di atas mesin (yang paling sering) dan di balik bumper bagian depan. Sebetulnya mau dimana saja peletakkan intercoolernya tidak akan berpengaruh pada performa mesin mobil, cuman memang kalau diletakkan di balik bumper depan akan lebih mudah terkena kotoran dan material lainnya seperti debu, kerikil, serangga, dan lainnya. Jika intercooler sampai kotor maka kinerjanya tidak bisa maksimal malah menurun dan akhirnya sistem pendinginan mesin juga menjadi terganggu.

Cara membersihkan turbocharger intercooler yang posisinya di bumper depan ini lebih sulit. Tapi Anda juga bisa memakai angin bertekanan dan boleh juga kalau mau ditambahkan dengan air sabun biar hasilnya semakin oke. Kalau Anda melihat ada kerikil bahkan batu maka sebaiknya segera dibersihkan dengan cara dicungkil memakai tusuk gigi jika posisinya masih bisa diraih oleh tangan Anda. Kalau tidak bisa? Ya cara satu-satunya adalah dengan melepaskan bagian bumper depan dan memang pekerjaan ini akan sangat merepotkan dan susah. Jadi, Anda bisa meminta bantuan profesional.

Cara membersihkan intercooler yang terpasang di atas kap mesin lebih mudah, karena Anda cukup membersihkan cover intercoolernya dengan angin bertekanan atau kain lap saja. Jangan ketinggalan bersihkan pula rongga air scoop atau Anda juga bisa melepaskan cover mesinnya dengan membuka bagian klip pemegangnya. Anda tidak perlu memakai air yang penting memastikan bahwa tekanan air jangan terlalu tinggi agar sirip intercooler tidak rusak. Demikian cara membersihkan turbo intercooler. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *