Cara Memajukan Timing Pengapian Mobil

Cara memajukan timing pengapian mobil – agar mobil lebih awet dan akselerasinya lebih maksimal maka Anda bisa mengatur masalah timing pengapian pada kendaraan roda empat. Istilah timing sendiri berhubungan dengan proses pengapian dimana busi mengeluarkan bunga api di dalam ruangan bakar mesin. Anda dapat mengatur kapan timing tersebut dengan alat-alat bantu yang bisa didapatkan di toko onderdil maupun lampu pengukur waktu pengapian. Dengan cara seperti itu maka mobil dapat bekerja pada performa yang lebih baik.

Pertama-tama Anda perlu memahami apakah mobil Anda memang perlu diatur timingnya, karena saat ini kebanyakan mobil-mobil modern memakai sistem pengapian elektronik dimana tidak memerlukan pengaturan. Namun, jika mesin mobil Anda merupakan mesin 4 langkah jadul, maka dengan setting pengapian apalagi memajukannya akan membuat mobil bisa lebih berkinerja bagus sekaligus membuat mobil jadi lebih irit bahan bakar.

cara memajukan timing pengapian mobil

Cara memajukan timing pengapian mobil agar performa mobil maksimal

Jika Anda merasa mobil-mobil bekas yang dimiliki performanya terasa sudah tidak maksimal lagi dan akselerasinya menurun, maka inilah saatnya Anda coba cara menyetel timing pengapian mobil dan mengaturnya sedemikian rupa. Saat melakukan cara ini akan lebih menguntungkan kalau sistem pengapiannya sudah memakai CDI sebab lebih gampang karena Anda cukup berkutat pada sistem pengapian tanpa perlu mengubah karburatornya.

Berikut ini cara mengatur dan memajukan timing pengapian di mobil Anda yang bisa dicoba sendiri:

  1. Pertama-tama Anda perlu untuk memastikan bahwa bagian sentrifugal sistem serta vakum delconya masih dapat bekerja secara baik pada sistem pengapian. Namun, kalau setelah dicek ternyata kedua bagian tersebut sudah tidak dapat lagi bekerja normal, maka disarankan untuk segera dibawa ke bengkel agar bisa diperbaiki dan kembali normal.
  2. Setelah itu Anda bisa segera melakukan setting timing pengapian sesuai dengan batas maksimal mobil yang sudah ditetapkan masing-masing.
  3. Dengan memakai lampu timing atau timing light, ceklah kembali kinerja vacuum delco dan juga setrifugal advance sistemnya. Untuk bagian vakum delco saat selang vakumnya sudah dipasang kemudian skep gasnya dibuka sedikit biasanya Anda akan bisa melihat terjadinya perubahan di timing mobil. Sedangkan pada bagian setrifugal sendiri, timingnya baru bisa kelihatan berubah saat rpmnya sudah mencapai 2500 – 3000.

Selain cara di atas, ada juga bengkel yang menawarkan sistem tune up pengapian yaitu dengan cara melakukan kombinasi TUSS demi menaikkan range pengapiannya. Dengan cara tersebut maka power pada mobil Anda bisa menjadi bekerja lebih maksimal dan sempurna meski pada rpm rendah. Untuk melakukan hal tersebut bisa dengan alat bantu seperti alat handheld computer scanner juga resetter. Misalnya range atau timing pengapiannya dimajukan sekitar 3 derajat. Saat sudah ditiming nanti, efek timing pengapian yang terlalu maju ini bisa membuat mobil jadi lebih mudah meluncur bahkan hanya dengan dibejek sedikit.

Perlu diingat bahwa tidak semua mobil timing pengapiannya bisa Anda ubah-ubah seenaknya. Oleh karena itu, setting pengapian haruslah diperhatikan betul-betul. Satu hal lagi, selain pada mobil atau kendaraan roda empat, timing pengapian ini juga bisa diterapkan pada kendaraan roda dua alias motor. Untuk fungsinya sendiri juga sama agar motor dapat lebih maksimal kinerjanya, efisien, dan juga agar bisa lebih irit bbm.

Demikian tips cara memajukan timing pengapian mobil yang bisa Anda coba sendiri atau praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *