Cara Melapisi Dashboard Dengan Kulit dan Pertimbangannya

Cara melapisi dashboard dengan kulit harus dilakukan oleh profesional karena kalau tidak hati-hati bisa terjadi masalah seperti kantong air tidak bisa keluar. Biasanya orang melapisi kembali bagian dashboard mobil karena rusak misalnya lapisan dashboard pecah dan retak maupun warnanya yang sudah pudar karena terkena paparan sinar matahari. Alasan lain sudah pasti karena ingin membuat tampilannya lebih bagus khususnya jika dashboard sudah terlalu lama dan kusam.

Cara melapisi dashboard dengan kulit agar keren dan tampak baru

cara melapisi dashbor mobil dengan kulit

Kalau kamu memang memiliki skill untuk melapisi kembali bagian dashboard tidak apa-apa bisa dicoba di rumah, tetapi jika tidak maka lebih baik bawa ke bengkel modifikasi. Untuk lapisan dashboard sendiri ada banyak, kalau mau mudah tinggal dicat ulang saja dan harganya juga tidak terlalu mahal dibandingkan dilapisi dengan kulit. Kalau mau melapisi kulit pun ada 2 macam, yaitu kulit buatan alias sintetis dan kulit asli. Jika kamu punya budget lebih akan lebih baik dilapisi kulit asli karena harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kulit sintetis. Tetapi, jika tidak cukup budget untuk modifikasinya kulit buatan juga sudah cukup bagus.

Berikut ini cara melapisi dashboard mobil dengan kulit:

  1. Pertama-tama dashboard mobil bisa dicopot terlebih dahulu agar lebih mudah untuk melapisi dashboardnya dengan kulit, apalagi jika dashboard mobil memiliki bagian-bagian desain yang rumit seperti banyak lekukan.
  2. Untuk melepas dashboard mobil bisa memakai obeng dan sebagai saran kalau perlu difoto agar tidak lupa pemasangannya apalagi bagian kabel-kabel. Jadi gak akan bingung saat memasang ulang nanti.
  3. Setelah dashboard sukses dilepas, maka perlu dikuliti terlebih dahulu sampai nampak busanya. Kalau busanya ternyata juga rusak bisa sekalian diganti, tapi harganya akan mahal karena busa perlu di-press. Jadi kalau masih bagus tak perlu ya. Untuk menguliti dashboard bisa pakai cutter.
  4. Saat dashboard dilepas dan dikuliti, akan terlihat juga dudukan kantong udara (airbag). Nah, nanti kalau mau melapisi kembali harus cermat karena jangan sampai lapisan kulit baru malah menghambat kantong udara untuk keluar. Perhatikan bahwa jangan sampai semua dashboard termasuk bagian kantong udara dilapisi seluruhnya dengan cover kulit.
  5. Langkah modifikasi dashboard mobil selanjutnya adalah mengampelas sampai halus, setelah itu mulai lakukan pembungkusan dengan kulit. Perhatikan tiap lekukan-lekukannya harus rapi, kemudian untuk menempelkannya bisa pakai lem berkualitas.
  6. Kalau misal kulit yang dipakai kaku, maka coba pakai dryer untuk membentuk tiap lekukannya, siapa tahu bisa membantu.
  7. Setelah dashboard selesai dilapisi kulit, sekarang dashboard tinggal dipasang kembali di dudukannya, perhatikan posisi pemasangan harus sama seperti sebelumnya dan pas. Selain itu, pas memasang kabel-kabelnya harus sesuai dengan socketnya ya.

Tidak semua bengkel bisa melakukan bungkus ulang seperti ini, harus yang telaten dan biasanya makan waktu setengah hari sampai satu hari dengan biaya ratusan ribu (mungkin sekitar 300 sampai 450 ribuan tergantung area dan mudah tidaknya, dan kadang itu baru biaya pemasangan belum bahan kulitnya).

Selain cara melapisi dashboard dengan kulit, kamu juga perlu memperhatikan perawatannya sebab kulit gampang blendung kalau sudah lama dipakai dan pecah-pecah. So, kalau kalau kulit memang butuh perhatian ekstra dibandingkan pakai cat, tapi keuntungannya desain dan tampilan jadi lebih bagus dibandingkan dengan cat saja. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kamu-kamu yang hobi modifikasi atau yang sedang mempertimbangkan ingin melapisi dashboard dengan kulit.

Baca juga:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *