Cara Melakukan Setelan Solar Pada Bospom dan Langkahnya

Setelan solar pada bospom dapat Anda atur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Penyetelan solar tersebut dapat dilakukan dengan menyetel Valve pada Bospom, sehingga debit solar yang dikirim menuju nozzle bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Valve sendiri terletak di bagian atas bospom dengan tipe in line dan posisinya selalu berdekatan dengan pipa solar yang memiliki arah menuju nozzle.

Mengenal apa itu Bospom

Cara Melakukan Setelan Solar Pada Bospom

Bospom atau Boch Pump merupakan sebuah alat yang digunakan pada mesin diesel yang berfungsi untuk menekan bahan bakar solar dari tangki menuju nozzle. Cara kerja bospom mesin diesel ini sendiri sangat penting untuk Anda ketahui terlebih harga bahan bakar saat ini sudah cukup mahal. Oleh karena itu dengan mengetahui cara kerja bospom Anda bisa menyetel valvenya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Inilah cara mengatur setelan solar pada Bospom

Cara menyetel solar bospom ini cukup mudah dan Anda bisa melakukannya jika memiliki waktu yang cukup. Valve sendiri memiliki fungsi dan bentuk mirip seperti keran, sehingga semakin dibuka maka solar yang dikeluarkan juga makin banyak. Sebaliknya jika semakin tertutup maka solar yang keluar juga semakin sedikit. Hal ini tentu saja berpengaruh pada mesin yakni semakin banyak solar yang dikeluarkan maka semakin besar dan banyak pembakaran yang dihasilkan.

Oleh sebab itu valve ini harus disesuaikan dengan tepat dan pas akan kebutuhan Anda. berikut ini cara menyetel valve:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka klem pada pipa solar. Pipa klem ini merupakan pipa solar yang menjadi penghubung antara bospom dengan nozzle.
  2. Setelah membuka pipa klem, langkah beikutnya adalah melepas semua pipa solar. biasanya pada mobil Toyota Dyna 130HT, Mitsubishi Canter 125 PS dan Hino Dutro 130 pipa solarnya bisa dibuka dengan menggunakan kunci ring pas ukuran 19 mm.
  3. Langkah selanjutnya dengan membuka mur yang memiliki ukuran sekitar 13 mm pada setiap valve yang ada. Biasanya masing-masing valve yang ada bospom ditahan oleh 2 buah baut tanam serta 2 buah mur yang ukurannya 13 milimeter.
  4. Setelah membuka mur, putarlah valve searah jarum jam jika Anda ingin meningkatkan jumlah solar yang keluar atau memutar berlawanan dengan aram jarum jam dan jika ingin mengurangi jumlah solar yang ingin dikeluarkan.
  5. Setelah menyesuaikan kebutuhan Anda langkah selanjut adalah mengencangkan kembali mur berukuran 13 mm yang ada pada baut tanamnya.
  6. Pasanglah kembali pipa solar dan blospom yang mengarah pada nozzle.  Tidak lupa juga untuk memasang klem pada pada pipa solar.
  7. Kemudian coba nyalakanlah mesin yang sudah Anda atur valvenya. Cek dan lihatlah pipa tersebut apakah mengalami kebocoran atau tidak.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menyetel valve pada bospom serta fungsi dari bospom itu sendiri. Setelan solar pada bospom ini sudah sewajarnya dipelajari, terlebih jika Anda memilki mobil dengan mesin diesel. Dengan mengetahui cara menyetel ini Anda bisa mengatur seberapa efektif kebutuhan solar pada mesin mobil Anda tadi.

Jika Anda bisa menemukan settingan yang bisa menurunkan jumlah pembelian solar, maka Anda sudah bisa menurunkan biaya pengeluaran bulanan atau harian. Namun tentu saja, jika Anda terlalu irit mengaturnya maka mobil Anda akan mengalami gangguan atau penurunan kinerja.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *