Cara Ganti Pelek Avanza yang Benar Agar Mobil Lebih Oke

Cara ganti pelek Avanza biasanya dicari tahu banyak orang, apalagi kalau mereka mau memodifikasi Toyota Avanza mereka agar kelihatan lebih oke. Lalu apa saja yang harus Anda lakukan ketika ingin mengganti pelek Avanza entah itu dengan pelek racing agar kelihatan lebih elegan atau hanya sekedar menggantinya dengan pelek standar biasa?

Cara Ganti Pelek Avanza yang Benar Agar Desain Eksterior Makin Oke

Cara Ganti Pelek Avanza yang Benar

Bagian pelek kerap dijadikan objek modifikasi dan tidak hanya cara ganti pelek Toyota Avanza saja yang harus Anda tahu. Tetapi masalah memilih pelek yang baik juga perlu diperhatikan. Mungkin Anda ingin memakai pelek racing, pelek standar, ataupun pelek bekas untuk menghemat uang, maka berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Kualitas: Tentunya Anda harus melihat betuk-betuk kualitas sebuah pelek, apalagi jika Anda membeli pelek bekas. Perhatikan apakah terdapat retakan dan dijamin kondisinya masih dalam keadaan baik.
  • Desain: Anda perlu mencocokkan desain suatu pelek dengan body dari mobil itu sendiri. Jika mobil berukuran kecil, contohnya cocok dengan pelek desain jari-jari atau palang. Sedangkan untuk mobil berukuran sedang bisa memakai tipe monoblock.
  • Ukuran atau ring: Pilihlah ukuran pelek yang tepat, misalnya ukuran ring 17 inci, 18 inci, dan 20 inci. Yang penting jangan memilih ukuran pelek yang lebih besar dari standarnya karena bisa merubah komponen kaki-kaki mobil.
  • Lebar: Jangan memilih pelek yang terlalu lebar sebab hal ini akan mengganggu ruang spakbor. Selain itu jika ukurannya terlalu lebar, maka akan mentok dinding dalam. Lebar bisa diukur mulai dari 7 inci, medium 8 inci, dan 10 inci.
  • Offset: Coba perhatikan saat membeli pelek, apakah posisinya sejajar dengan bibir fender. Kalau offset salah, maka bisa pelek nanti bisa bergesekan dengan sokbreker atau kaliper rem.

Itulah beberapa tips dalam memilih pelek yang baik, sekarang lanjut ke cara ganti pelek Avanza:

  1. Untuk ukuran pelek standar Toyota Avanza adalah 14 inci, sehingga penambahan diameter maksimal 2 atau 3 inci saja, jangan lebih. Jadi, bagi mereka yang punya Avanza standar 14 inci, bisa dinaikkan sedikit menjadi 15 inci dengan ukuran ban 185/65. Namun, jika ingin dinaikkan lebih besar misal menjadi 16 inci maka pakailah ukuran 205/55. Dan bagi yang menginginkan ukuran maksimal, yaitu 17 inci, lebih baik menggunakan ban 215/45 atau 205/50. Sayangnya jika ingin memaksa untuk memakai pelek 17 inci, Anda perlu biaya tambahan untuk menyesuaikan bagian kaki-kaki Avanza.
  2. Nah, kalau ingin menyesuaikan kaki-kaki Avanza dan memasang pelek ukuran 17 inci, maka Anda bisa mengganti per bawaan pabrik dengan yang lebih kaku ayunannya. Hal ini untuk daya kejut yang lebih keras karena Anda sudah memilih cara ganti pelek Avanza dengan ban dan beban pelek yang lebih besar.

Jika tidak ingin salah dalam mengganti pelek, sebaiknya tanyakan atau minta bantuan orang bengkel alias yang lebih profesional. Hal ini dilakukan agar tidak rugi nantinya, sudah beli pelek dan ganti ban, tetapi ternyata tidak cocok dengan mobil atau malah menyebabkan mobil menjadi tidak nyaman ditumpangi. Gawatnya lagi penggantian pelek dan ban yang tidak benar akan mempengaruhi keamanan dari mobil itu sendiri. Perlu diingat bahwa semakin besar pelek, otomatis ketebalan ban yang bisa dipakai semakin tipis. Dan rupanya hal ini akan mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara. Itulah tips dan cara ganti pelek Avanza, semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *