Cara Bikin Ceper Avanza Agar Tampil Lebih Oke dan Garang

Toyota Avanza bisa dibilang salah satu mobil terlaris yang penjualannya sangat tinggi di Indonesia. Jadi jangan heran jika Anda melihat banyak sekali mobil Toyota Avanza lalu lalang di jalanan. Selain itu, Avanza memiliki kelebihan seperti harganya yang murah, bisa menampung banyak orang (7 orang dan sudah termasuk dengan supirnya), kendaraan idaman untuk keluarga, dan juga irit bensinnya.

Dari segi desain memang Toyota Avanza kelihatan normal dan terlihat datar, sehingga banyak sekali orang yang berusaha untuk memodifikasi mobil ini dan salah satunya dengan membuatnya ceper. Lalu bagaimana cara bikin ceper Avanza yang benar?

Mengenai Cara Bikin Ceper Avanza Agar Kelihatan Lebih Garang

Cara Bikin Ceper Avanza

Membuat mobil ceper atau bahasa kerennya dibikin “dropping” sebetulnya dapat dilakukan tidak hanya untuk Avanza, tetapi juga mobil lainnya. Tujuan utama dari nyaperin mobil adalah memperkecil jarak antara ban fender, jarak travel suspense atau ground clearance khususnya bagian per dan shock. Yang pasti selain tujuan tersebut, tujuan utamanya adalah demi penampilan yang lebih oke serta handling yang lebih baik. Istilahnya cara bikin ceper Avanza tapi tetap nyaman dilakukan untuk upgrade penampilan dan juga untuk mendapatkan fungsi.

Ada beberapa hal positif dan juga negatif yang bisa Anda dapatkan jika akan membuat mobil Toyota Avanza menjadi ceper, yaitu:

  1. Dengan membuat mobil Avanza ceper maka akan mengatasi problem suspensi yang tidak stabil atau sering bergoyang terutama saat mobil dikendarai dimana disebabkan oleh ground clearance yang tinggi.
  2. Tapi membuat mobil ceper justru akan membuat suspensi Avanza menjadi lebih keras dari sebelumnya. Dan hal ini akan sangat dirasakan oleh pengendara ketika Avanza melintasi jalan berkerikil dan tidak rata, mobil ceper sebetulnya hanya cocok untuk jalan yang mulus seperti jalan perkotaan.

 Ide Bikin Ceper Avanza yang Bisa Dilakukan

Sebetulnya cara bikin ceper Avanza bisa dikerjakan sesuai dengan inspirasi Anda, tentunya mengenai rendahnya jarak antara mobil ke tanah. Tetapi, jika Anda membuat mobil Avanza ceper untuk lomba modifikasi, akan lebih baik untuk merubahnya dengan lebih berani, misalnya saja memangkas atau memotong ground clearance sehingga bagian bawah Avanza betul-betul hampir menyentuh tanah bahkan tinggal 5 cm saja.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat mobil ceper, yaitu:

  • Penjepitan per atau spring clamping: Hal ini dilakukan dengan menggunakan kawat baja atau clamp untuk menjepit dan merapatkan beberapa ulir per. Dengan meng-kompres per tersebut maka akan mengurangi jarak travel antar ulir sehingga membuatnya menjadi lebih pendek. Cara ini paling mudah untuk membuat mobil ceper hanya sekitar 1 sampai 2 cm saja. Tapi cara ini juga dianggap cara bikin ceper yang buruk dan memperbesar potensi kecelakaan.
  • Lowering spring: Cara ini banyak yang menganjurkan karena dari sisi keamanan lebih bagus dari cara pertama. Anda hanya perlu mengganti per OEM dengan per after market racing yang diperuntukkan sesuai spek mobil, dan yang ini jelas Anda pilih mobil Avanza. Cara pasang sangat mudah dan juga tentang harga sangat terjangkau.
  • Coilover: Jika menginginkan penampilan Avanza ceper yang maksimal, maka Coilover sangatlah cocok dan termasuk ultimate suspension kit. Dulu sistem ini hanay dipakai untuk mobil-mobil balapan, namun saat ini banyak pabrik yang sudah mengeluarkan coilover yang yang murah meriah dimana per dan shock-nya adalah 1 paket.

Nah, agar cara bikin ceper Avanza bisa lebih oke, maka Anda bisa memberikan velg berukuran 17 inchi dan juga memakai ban ukuran 165/40, muffler bisa diganti dengan muffler mobil balap atau racing.

Baca juga:


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *