Biaya Perawatan Mobil Matic Vs. Mobil Manual, mana yang mahal ?

Mungkin saat ini, pertanyaan “Apa bedanya biaya perawatan mobil matic vs. mobil manual ?” muncul dalam benak Anda karena Anda punya keinginan untuk membeli mobil baru dan Anda ingin membandingkan kedua jenis mobil ini terlebih dulu. Banyak orang mengatakan bahwa biaya perawatan mobil matic lebih lebih mahal ketika dibandingkan dengan biaya perawatan mobil manual; benarkah pernyataan ini atau hanya mitos saja? Anda perlu membandingkan kedua jenis mobil ini, tak hanya tentang harga, namun juga tingkat kesulitan dan biaya perawatan tiap mobil.

Biaya Perawatan Mobil Matic

Biaya Perawatan Mobil Matic Vs Mobil Manual, mana yang mahal

Menurut pengalaman beberapa orang yang memiliki mobil matic, perawatannya tak begitu mahal, namun jika ada beberapa orang yang mengatakan bahwa perawatan mobil matic lebih mahal daripada mobil manual, itu hanya faktor pengendara itu sendiri. Jika Anda pengendara yang lalai, kemungkinan perawatan mobil matic Anda bisa sangat mahal. Kelalaian yang dimaksud di sini adalah ketika Anda terus memakai mobil Anda tanpa mengeceknya secara rutin yang pada akhirnya kerusakan dapat menumpuk dan otomatis perawatan akan jadi lebih mahal jatuhnya.

Perawatan mobil matic tak akan mahal jika mobil dirawat secara rutin, seperti oli yang harus diganti secara teratur. Biasanya Anda akan melihat sebuah mesin yang akan menguras penggantian oli transmisi dan tentunya dengan ini, kotoran tak akan menumpuk dan keadaan bagian dalam akan selalu bersih. Memeriksa secara rutin keadaan mobil matic Anda akan menjauhkan Anda dari biaya perawatan yang tinggi. Untuk merawat mobil matic, Anda kemungkinan mengeluarkan biaya sekitar Rp 5 juga ke atas; bagian mobil yang rusak dan kondisinya akan menentukan jumlah biaya yang Anda harus tanggung.

Biaya Perawatan Mobil Manual

Ketika ditanya tentang perbedaan biaya perawatan mobil matic vs. mobil manual, anggapan orang tentang mobil manual itu perawataannya jauh lebih murah itu memang bukan hanya mitos. Sekalipun biaya perawatan mobil matic dianggap tak mahal, tetap saja biaya perawatan mobil manual lebih murah. Anda tahu alasan mengapa biaya merawat mobil manual lebih murah? Sederhana saja, itu karena komponen pada mobil manual lebih sedikit daripada mobil matic, jadi kalaupun ada yang rusak dan perlu diganti, tak akan sebanyak komponen pada mobil matic. Untuk mobil manual, Anda dapat mengeluarkan biaya mulai dari Rp 3 juta. Namun, sebenarnya, seberapa besar biaya yang Anda keluarkan tergantung dari berapa banyak bagian mobil yang rusak dan separah apa kondisinya.

Mengenai biaya perawatan mobil matic vs. mobil manual, semua kembali kepada sang pengendara. Rutin tidaknya pemeriksaan bagian-bagian mobil, penggantian oli, dan sebagainya menjadi faktor penentu mahal tidaknya biaya perawatan masing-masing jenis mobil. Dengan perawatan yang teratur, Anda tentu akan mendapatkan mobil yang awet dan senantiasa nyaman ketika digunakan karena kerusakan fatal dapat diminimalisir. Anda pun akan jauh dari bahaya jika bagian mobil senantiasa bersih, aman dan bekerja dengan baik.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *