Biaya & Cara Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Buat para pengendara mobil, perhatikan di kolong mobil kalau tiba-tiba ada cairan karena bisa jadi itu dari oli mesin yang bocor atau merembes. Memperbaiki oli mesin mobil rembes memang susah-susah gampang dan harganya juga bisa dikatakan tidak murah. Jika sudah mengetahui bahwa oli mesin mobil merembes, maka sebaiknya cepat-cepat diperbaiki sebab kalau tidak malah akan merambat ke bagian-bagian mobil lain dan bisa membuat komponen mobil lainnya menjadi ikut-ikutan rusak.

Berapa biaya dan cara perbaikan oli mesin mobil rembes?

Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Oli mesin yang rembes atau bocor maka bisa merusak mesin mobil juga, pasalnya mobil akan jadi kekurangan oli. Oli bocor dari blok mesin mobil ini biasanya terjadi sebab terdapat packing atau seal-seal mobil yang sudah rusak maupun getas. Ditambah lagi, kebocoran tersebut bisa juga berasal dari packing carter (meski tak semua mobil pakai ini), packing tutup klep, seal suling, seal noken as, seal kreuk as, seal delco, dan lain sebagainya. So, memang ada berbagai alasan mengapa oli mobil bisa bocor dan ngerembes dan tinggal dicari saja penyebabnya.

Soal biaya & cara perbaikan oli mesin mobil rembes itu juga bergantung di bagian mana rusaknya dan berakibat dimana. Kalau letak kebocorannya misal pada oli seal crankshaft, maka biayanya akan menjadi lumayan mahal. Lain halnya jika kebocoran hanya disebabkan oleh tutup pemasukan oli, pastinya itu lebih murah. Lalu jika seandainya bocor parah sampai keluar ke knalpot mobil, maka Anda perlu merogoh kocek dalam-dalam sebab inilah yang paling mahal, kenapa? Anda harus banyak mengganti bagian-bagian komponen mobil misalnya saja piston plus ringnya. Kadang malah untuk mengganti komponen-komponen rusak akibat oli mesin mobil bocor bisa jutaan rupiah.

Cara memperbaiki oli mesin mobil yang merembes, coba lakukan hal berikut ini:

  1. Setelah memastikan bahwa terjadi oli mesin mobil bocor dan rembes (Anda juga bisa lihat kalau olinya jadi berkurang), maka langkah selanjutnya yaitu temukan penyebab kebocoran.
  2. Bersihkan kolong kendaraan dengan sabun dan amati letak bocornya. Biasanya sumber bocor tidak bisa diamati dalam waktu singkat, namun setelah perjalanannya cukup lama.
  3. Jika oli merembes dari bagian tengah mesin, maka bisa jadi hal itu bersumber dari seal kruk as yang ada di bagian belakang atau seal crank shaft.
  4. Caranya mudah, Anda cukup mengganti bagian seal tersebut sehingga nanti tidak ada lagi oli mobil yang merembes.
  5. Anda harus menurunkan salah satu bagian mesin jika ingin mengganti seal crank shaft di bagian belakang tepatnya terletak di belakang roda gila. Selain menurunkan mesin, ada juga mobil yang lebih mudah diperbaiki dengan menurunkan transmisinya. Tapi itu semua tergantung konstruksi mesin dan transmisinya.
  6. Sebelum diganti, bersihkan dulu bagian-bagian yang terkena bocor misalnya blok mesin. Setelah itu baru dijalankan penggantian dan pemasangan seal-nya.
  7. Setelah semuanya beres, Anda tinggal memasang kembali mesin yang dilepas dan perhatikan lagi daerah-daerah yang mengalami kebocoran.

Ingat, setelah melakukan cara perbaikan oli mesin mobil rembes di atas tersebut, Anda jangan langsung menghidupkan mesin apalagi sampai mengendarai mobilnya. Tunggu beberapa jam terlebih dahulu, setelah itu baru Anda boleh mengendarai mobilnya lagi. Demikian informasi tentang biaya & cara perbaikan oli mesin mobil rembes yang bisa Anda perhatikan, semoga bermanfaat.


2 thoughts on “Biaya & Cara Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *