Bagian-bagian Mobil yang Paling Cepat Rusak dan Tips Memperbaiki

Sebagian orang hanya tahu bagaimana mengendarai mobil mereka tanpa tahu tentang mesin dan bagian-bagian mobil yang paling cepat rusak, padahal supaya mendapatkan mobil yang awet, hal ini perlu untuk diketahui. Dengan mengetahui bagian-bagian mana saja pada mobil yang sering rusak, pemiliknya akan lebih mudah untuk merawatnya sehingga tak mudah rusak. Beberapa kasus kecelakaan lalu lintas terjadi karena ada bagian kendaraan yang rusak dan sang pemilik tak dapat mengidentifikasinya. Mari kita lihat bagian mobil apa saja yang sering rusak dan bagaimana mengatasinya.

Kaca Spion

Pasti Anda setuju dengan bagian yang terdapat di luar mobil ini. Kaca spion memang menjadi salah satu bagian-bagian mobil yang paling cepat rusak karena dipasang di luar mobil dan risiko tersenggol oleh kendaraan lain juga sangat besar, entah ketika Anda sedang menyetir di jalan atau ketika sedang parkir. Ketika Anda menemukan bahwa kaca spion mobil Anda rusak, segeralah menggantinya karena jika tidak, Anda akan merasa tidak nyaman ketika sedang berkendara. Harga kaca spion tak begitu mahal, jadi Anda dapat sesegera mungkin mencari penggantinya.

Karburator

bagian Mobil yang Paling Cepat Rusak dan tips memperbaiki

Mungkin Anda sudah tahu bahwa karburator bukanlah bagian tetap dari sebuah mobil karena memang bagian ini hanya settingan. Namun, sadarkah Anda ketika katupnya disetel terlalu tinggi maka Anda tak akan mudah ketika menutupnya. Ketika katup tak ditutup dengan baik, hati-hati dengan membanjirnya supply bahan bakar yang Anda tuang. Untuk bagian ini, Anda pasti sudah tahu solusi yang tepat; menutupnya tidak terlalu tinggi.

Busi

Keausan dapat sering terjadi pada busi dan untuk mengetahuinya, Anda dapat mengecek secara langsung dengan melihat bagian kepalanya (biasanya bentuknya terlihat renggang dan terlihat rusak). Jangan ragu untuk mengganti seluruh busi pada mesin mobil Anda ketika Anda menemukan salah satu busi ada yang rusak. Mengapa harus satu set yang diganti? Biasanya, jika satu busi rusak, maka yang lainnya pun berkondisi sama. Periksalah secara berkala supaya Anda segera mengetahui dan menggantinya.

Poros Roda

Memeriksa bagian poros roda mobil Anda juga sangatlah penting karena akan sangat membahayakan Anda jika mengemudikan sebuah mobil dengan poros roda yang tengah rusak. Ketika Anda menyadari bahwa bagian ini sudah rusak, jangan memaksakan untuk tetap mengemudi. Akan lebih baik jika Anda mengambil waktu untuk mengganti bagian ini terlebih dulu dan memastikan semuanya oke sebelum Anda mengendarainya kembali.

Mengambil risiko mengendarai sebuah mobil yang bagian-bagiannya ada yang rusak akan sangat berbahaya bagi Anda dan orang lain. Biasanya, jika bagian yang rusak ada pada mesin mobil, Anda akan mengetahui tanda-tandanya. Jika secara tidak normal mesin mobil Anda bergetar, segeralah mengecek bagian mesin karena pasti ada yang rusak. Anda tak perlu membenahi sendiri jika tak mengerti, namun setidaknya Anda mengecek keadaan mobil Anda sesering mungkin alih-alih ada bagian-bagian mobil yang paling cepat rusak atau sedang dalam keadaan rusak.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *