Bagaimana Cara Menghemat Bensin Mobil ?

Bagaimana cara menghemat bensin mobil agar kita bisa menghemat pengeluaran? Mungkin pertanyaan itu yang kerap dilontarkan oleh beberapa pemilik mobil saat harga BBM semakin naik di tahun-tahun terakhir ini.

Kendaraan yang sejak dari zaman tempo dulu hingga zaman sekarang masih jadi favorit bagi keluarga adalah mobil. Dan tentunya, sekarang yang banyak diminati adalah mobil yang bisa hemat bahan bakar. Bahan bakar mobil, terutama bensin adalah bahan bakar yang bisa dibilang mahal harganya di negeri kita, sehingga kita perlu mengetahui cara bagaimana supaya mobil yang kita miliki dapat hemat dalam pemakaian BBM. Untuk itu, Anda bisa membaca tips yang akan dibahas berikut ini !

Bagaimana Cara Menghemat Bensin Mobil

Orang selalu ingin membeli mobil dengan harga yang murah. Tetapi selain itu, pembeli juga selalu memperhatikan tentang hemat atau tidaknya dalam pemakaian BBM. Ada beberapa cara untuk menghemat bensin untuk mobil. Berikut ini cara agar kita bisa menghemat BBM.

• Panaskan mesin sebelum mobil dijalankan

Bila Anda akan menjalankan mobil, sebaiknya Anda panasi dulu mobil Anda karena pembakaran pada mobil yang tanpa pemanasan masih belum ideal. Dan untuk mobil-mobil modern saat ini, waktu pemanasan adalah 30 detik sampai 1 menit sebelum Anda menjalankannya. Jadi, jangan terlalu lama dalam memanaskan mesin mobil, karena itu berarti sama saja dengan membuang BBM dengan percuma.

• Dengan menjaga dan menempatkan putaran mesin

Anda tentunya sudah mengetahui kalau putaran mesin yang terlalu tinggi cenderung boros BBM. Tapi sebenarnya begitu juga sebaliknya, pada putaran mesin yang terlalu rendah juga dapat memboroskan BBM. Anda harus dapat menempatkan mesin pada putaran yang ideal saat berjalan normal yaitu antara 2000 – 3500 rpm. Karena pada putaran ini, terdapat paduan antara konsumsi dari BBM dan tenaga yang optimal.

• Engine braking

Saat memperlambat laju kendaraan, biasakanlah untuk melakukan engine braking. Dengan cara melepaskan gas tanpa harus memasukkan gigi ke netral lebih dulu. Karena dengan cara ini otomatis akan dapat menghentikan suplay bensin menuju mesin mobil. Dan jika Anda memasukkan gigi ke netral, maka bahan bakar masih tersuplay ke mesin, sehingga mesin masih tetap hidup. Saat ini terdapat 99 persen mobil di pasaran yang memakai sistem injeksi elektronik. Karena sistem tersebut merupakan upaya penghematan BBM.

• Dengan menjaga kecepatan yang konstan

Bila Anda melakukan akselerasi atau pengereman yang mendadak, hal ini tentunya akan membutuhkan energy yang lebih besar. Sedangkan sumber dari energy yang paling utama adalah bahan bakar yaitu bensin. Jadi, selalu usahakan untuk menyetir mobil secara konstan yaitu dengan tanpa menginjak rem atau gas secara mendadak. Atau membanting setir secara mendadak juga akan menurunkan kecepatan mobil dengan drastis sehingga sama saja Anda melakukan akselerasi mendadak. Bila Anda membelokkan setir, lakukan dengan lembut karena hal ini dapat memberikan kontribusi pada penghematan BBM.

• Lakukan perbandingan

Anda dapat melakukan suatu perbandingan terhadap mobil jenis lain tentang hemat atau tidaknya dalam penggunaan bahan bakar sehingga Anda bisa mendapatkan mobil yang paling efektif dalam penggunaan bahan bakarnya.

• Jangan tergoda roda yang nyaring

Cara memasang roda yang tidak pas dapat membuat mobil menjadi boros BBM. Jadi pastikan bahwa kondisi dari roda mobil terpasang dengan baik.

• Jagalah supaya mobil Anda tetap dalam keadaan dingin

AC yang terpasang pada mobil menggunakan bahan bakar. Jadi kurangilah penggunaan AC dalam mobil. Pada mobil dengan desain interior serta eksterior yang lebih ringan mempunyai suhu yang lebih rendah sehingga dapat mengurangi penggunaan AC sehingga irit bahan bakar.

• Jagalah kecepatan.

Saat Anda mengemudi, usahakan untuk tetap pada kecepatan yang optimal yaitu 55 mil per jam. Kecepatan yang optimal dapat menghemat bahan bakar.

• Hindari untuk tidak terlalu membebani mobil

Kendaraan yang mempunyai mesin lebih besar biasanya menghabiskan bahan bakar yang lebih besar pula. Dan kendaraan yang makin berat bebannya maka akan makin banyak juga bahan bakar yang dihabiskannya. Jadi sebaiknya jangan penuhi bagasi mobil dengan beban yang berat, supaya pengeluaran bahan bakarnya lebih efisien dan optimal.

• Lakukan yang lebih efektif

Saat Anda bepergian, jika memungkinkan lakukan secara berkelompok atau Anda bisa naik kendaraan umum. Apabila jarak yang akan Anda tempuh lebih dekat, Anda dapat jalan kaki atau bersepeda yang pasti langkah ini adalah upaya dalam penghematan BBM.

• Jangan melakukan pengereman mendadak

Mengerem dengan tiba-tiba dapat menghalangi penghematan bahan bakar.

• Matikan mesin mobil saat berhenti

Jika mobil Anda berhenti, sebaiknya Anda matikan mesin dari mobil Anda. Karena jika Anda membiarkan mesin mobil tetap dalam keadaan hidup saat berhenti maka hal ini dapat mengeluarkan bensin lebih banyak dari pada Anda menghidupkan mesin kembali.

• Gunakan persneling tinggi untuk pengemudi transmisi manual.

Pengemudi yang melaju dengan cepat dapat memanfaatkan bahan bakar seefektif mungkin. Dan pengemudi dengan transmisi manual diharapkan untuk tetap menggunakan persneling tinggi saat mobil yang dikemudikannya melaju dengan cepat.

• Serviskan dengan teratur.

Merawat dan servis mobil secara teratur ternyata adalah faktor yang penting dalam penghematan BBM. Rem yang tak berfungsi dengan baik, cairan dari transmisi yang rendah dan busi yang sudah aus dapat menghalangi efisiensi penggunaan bahan bakar mobil.

Itulah beberapa cara menghemat bensin mobil yamg semoga bisa membantu Anda para pengendara mobil. Semoga berguna dan selamat mencoba !

Alat Penghemat Bbm Mobil Terbaik dan Murah


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *