Agar Ban Motor Tidak Gampang Kempes, Apa Solusinya?

Agar ban motor tidak gampang kempes atau bocor, apa sebenarnya tips dan triknya yang bisa kita pelajari bersama? Ketahui lebih dulu apa saja faktor yang dapat menyebabkan ban motor bisa lebih mudah bocor atau kempes. Biasanya, ban dalam motor bisa gampang kempes karena ketidakstabilan sirkulasi udara yang terdapat di dalam ban sehingga karet ban dalamnya menjadi panas dan memuai. Banyak pemilik kendaraan beroda dua tidak menyadari bahwa penting juga untuk merawat bagian ban motor. Kondisi tersebut bisa dialami oleh siapa saja dan umumnya dirasakan saat melakukan perjalanan jauh. Bukan hanya ban dalam yang perlu diperhatikan, ban luar pun juga bisa bermasalah.

Tips Mudah Agar Ban Motor Tidak Gampang Kempes

Sebenarnya lumayan mudah dan tidak memerlukan usaha besar untuk menjaga ban motor tahan lama dan awet dalam penggunaannya. Perawatan adalah yang paling dibutuhkan oleh ban motor karena bagian ini bersinggungan dengan jalan langsung sehingga memang harus lebih diperhatikan.

Agar Ban Motor Tidak Gampang Kempes

Merawat Ban Luar

Ada dua hal yang perlu dilakukan apabila ingin ban motor lebih awet dalam penggunaannya, dan yang pertama adalah merawat ban luarnya. Ban luar motor adalah yang terkoneksi langsung dengan jalanan dan untuk itulah pemeriksaan perlu dilakukan rutin, yaitu pada tekanan udara dalam ban. Disadari atau tidak oleh para pengendara motor, kenyamanan saat berkendara dan stabilitas laju dipengaruhi oleh tekanan udara dalam ban. Agar ban motor tidak gampang kempes dan bocor, tekanan udara harus selalu dicek, pastikan bahwa tidak kurang dan juga tidak lebih.

Tekanan udara tidak boleh kurang tapi juga tidak boleh lebih karena memang kelebihan atau kekurangan tekanan udara akan memberi pengaruh pada ban luar. Ban yang tekanan udaranya kurang maka akan dengan sangat mudah terkena benda tajam. Maka dari itu, perlu diperhatikan bahwa menggunakan ban yang ukurannya sesuai baik luar maupun dalam itu sangat penting. Kondisi onderdil sebuah motor bisa jadi rusak karena menggunakan ban berukuran tidak sesuai, maka untuk menghindari risiko fatal tersebut, pengguna motor harus berhati-hati.

Merawat Ban Dalam

Agar ban motor tidak gampang kempes saat di jalan, perawatan kedua yang tidak boleh dilewatkan adalah perawatan ban dalam motor. Tidak akan menyita waktu banyak, Anda hanya perlu memberikan sedikit air, seperlunya saja, tidak boleh kurang tapi juga tidak boleh lebih. Caranya mudah hanya tinggal mengempeskan ban motor yang pentil bannya sudah dicabut. Selanjutnya, mekanisme pentil ban bisa diambil dan air dapat dimasukkan ke dalamnya menggunakan sendok. Dua hingga tiga sendok makan air saja sudah lebih dari cukup, baik untuk ban depan maupun ban belakang.

Setelah selesai memasukkan air ke dalam ban, pentil ban bisa dipasang kembali seperti keadaan semula dan silakan memompa ban motor Anda. Tidak hanya itu saja, selain ban luar, yang perlu diperhatikan adalah bagian kondisi pentilnya. Periksa secara berkala apakah pentil ban ada yang bocor. Pemeriksaan pun cukup mudah dilakukan karena di atas lubang pentil bisa diberi air sabun dan jika ada gelembung udara yang muncul, hal itu merupakan tanda bahwa terjadi kebocoran pada pentil ban Anda.

Teliti dan rajin memeriksa serta merawat ban luar dan dalam motor akan membantu kita untuk mendapatkan ban yang awet dan tidak gampang kempes. Cara-cara di atas sebetulnya mudah untuk dipraktikkan di rumah, jadi silakan ikuti tips yang telah diulas sebelumnya agar ban motor tidak gampang kempes.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *