6 Komponen Mobil yang Suka Rusak dan Cara Perbaikannya

Akan ada baiknya jika Anda mengetahui tentang komponen mobil yang suka rusak sehingga paham nanti bagaimana cara memperbaikinya. Hal ini tidak hanya berlaku untuk para pria, tetapi juga wanita so jangan sampai kita cuma tahu cara mengendarai mobil tetapi tidak tahu perawatan maupun apa yang harus dilakukan jika ada bagian mobil yang rusak. Berikut ini kami uraikan bagian komponen mobil yang sering mengalami kerusakan dan harus hati-hati dijaganya.

Inilah 6 komponen mobil yang suka rusak dan cara memperbaikinya

Komponen mobil yang suka rusak

1. Kaca spion

Sudah pasti kaca spion menjadi komponen mobil yang suka rusak karena dipasang di bodi luar mobil. Resiko untuk tersenggol kendaraan lain menjadi amat mungkin, bahkan sering. Jika berkendara, Anda haruslah hati-hati juga agar kaca spion tidak menyenggol sana-sini, selain itu kalau sudah terlanjur rusak maka sebaiknya segera diganti sebab harganya juga tidak terlalu mahal.

2. Busi

Busi merupakan komponen dalam mesin mobil yang sering rusak apalagi kalau sudah dipakai terlalu lama. Bisa bahaya kalau busi mengalami keausan dan tidak segera diganti sebab dapat membuat performa mobil menjadi buruk. Untuk mengetahui kapan busi harus diganti, tinggal dicek secara langsung apakah busi sudah kelihatan retak ataupun renggang. Jika iya segeralah ganti, kalau perlu semua businya karena biasanya jika 1 busi kelihatan rusak maka biasanya yang lainnya juga sudah perlu untuk diganti.

3. Karburator

Meski bukan bagian tetap dari sebuah mobil dan hanya settingan, akan tetapi karburator menjadi komponen mobil yang gampang rusak dan bisa membuat bagian mobil lain jadi ikut-ikutan rusak. Misalnya, jika Anda menyetel katupnya terlalu tinggi serta tidak benar, maka bisa jadi bahan bakar yang dituang akan tumpah ke bagian mesin mobil yang lainnya. Solusinya mudah yaitu jangan menutup katupnya terlalu tinggi ya, guys.

4. Poros roda

Tidak hanya ban mobil yang suka rusak seperti gembos atau pecah, tetapi poros roda juga perlu untuk sewaktu-waktu dicek. Jangan sampai Anda tidak menyadari telah mengendalikan mobil dengan poros roda yang retak atau rusak. Jika sudah sadar kalau ternyata komponen ini rusak, maka sebaiknya segera diganti dan mobil juga jangan dikendarai dahulu sebelum masalah ini terselesaikan.

5. Koil

Sama seperti busi, bagian koil ini juga sering rusak apalagi kalau sudah dipakai kelamaan. Fungsi koil di sini yaitu untuk membangkitkan energi listrik sehingga jika koil rusak akan menyebabkan proses pengapian menjadi kurang sempurna. Alhasil performa mobil akan jelek. Kalau sudah tahu koil rusak, sebaiknya segera ditangani dan ganti.

6. Sistem injeksi

Sebetulnya sistem injeksi yang berguna untuk distribusi bahan bakar ke silinder mesin mobil ini memang jarang rusak. Akan tetapi, bagian ini sering tersumbat alias kotor sehingga mampet. Apalagi kalau Anda mengisi bensin Premium yang notabene lebih kotor dari Pertamax, maka injeksi jadi lebih sering kotor. Jika sudah paham akan hal ini maka cepat-cepatlah dibersihkan. Buat yang tidak tahu cara membersihkannya, maka bisa langsung bawa ke bengkel resmi terdekat.

Demikian komponen mobil yang suka rusak dan harus segera ditangani dengan perawatan yang baik. Hal ini penting untuk dilakukan sebab jangan sampai mobil mahal yang sudah terlanjur dibeli dulu jadi gampang lelet performanya. Selain itu, jika ada bagian mobil rusak tidak segera diganti, maka juga akan membahayakan pengemudi maupun pengendara mobil. Semoga bermanfaat.


, , Tips dan Trik
Admin January 7, 2017 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *