5 Cara Menceperkan Mobil Sedan Agar Lebih Oke

Mobil sedan di Indonesia sendiri merupakan salah satu tipe mobil yang paling populer di Indonesia karena bisa menampung banyak penumpang. Biasanya sedan juga menjadi target untuk modifikasi bagi para pecinta otomotif khususnya mereka yang mau membuat tampilan luar sedan yang kebanyakan hanya begitu-begitu saja jadi lebih keren. Cara menceperkan mobil sedan bisa menjadi salah satu contoh modifikasi yang dapat dilakukan, mobil ceper juga banyak kelebihan tapi ada juga kelemahannya. Berikut kita bahas satu-persatu.

Kelebihan dan kelemahan mobil yang diceperkan

Kaki-kaki mobil yang dibaut ceper agar lebih pendek sudah lama merambah modifikasi tanah air. Gaya ini memang membuat tampilan mobil jadi lebih keren dan ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti memotong per serta shock absorber. Sebelum Anda memutuskan untuk memendekkan kaki mobil, perlu diketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya sebagai pertimbangan.

cara modifikasi mobil jadi ceper

Pertama tentu membuat mobil sedan ceper bisa mempermanis tampilan luar bodi mobil dan kedua dapat menjadi solusi bagi suspensi yang limbung atau goyang. Sayangnya, kelemahan dari modifikasi ini adalah membuat bantingan suspensi mobil menjadi lebih keras jadi bisa mengurangi kenyamanan berkendara khususnya saat melintasi jalan rusak atau berlubang.

Cara menceperkan mobil sedan sendiri

Berikut ini tips cara menceperkan mobil sedan yang bisa dicoba:

1. Potong per

Cara ini merupakan cara paling umum yang sering dilakukan, yaitu dengan memotong per menjadi ½ atau 1 ulir saja. Memang cara ini tidak membutuhkan biaya banyak, tapi disarankan tetap pakai per mobil merek sendiri dan jangan pakai mobil copotan lain demi kenyamanan dan keselamatan.

2. Penjempitan per atau spring clamping

Cara ini merupakan cara paling mudah kalau hanya ingin bikin mobil sedan ceper sekitar 1 s.d 2 cm saja. Penjempitan ini dilakukan dengan cara merapatkan beberapa ulir per yang diikat memakai kawat baja atau dijepit pakai clamp. Cara ini sebetulnya tak begitu dianjurkan karena bisa bahaya dan ada satu cara lagi yaitu per dibuat lebih elastis agar lebih gampang di-klem dengan pemanasan terlebih dahulu. Soal keamanan sayangnya cara ini lebih berbahaya.

3. Shock kit

Cara ini lebih mudah karena tinggal membeli paket ganti shock dan per yang sudah tersedia di pasaran. Sayangnya, kalau pakai paketan seperti ini tak bisa disesuaikan dalam hal tingkat kekerasan serta tinggi maupun rendahnya.

4. Lowering spring

Cara keempat ini paling banyak dianjurkan karena Anda tinggal mengganti per OEM dengan per aftermarket sesuai spesifikasi mobilnya sehingga kalau berbicara tentang keamanan jelas lebih bagus dari cara-cara di atas. Pabrikan yang mengeluarkan produk aftermarket mereka sudah mempertimbangkan dengan seksama dari ukuran per, bentuk per, bahan per, dsb sehingga lebih aman. Untuk pemasangannya sendiri mudah dan Anda bisa mempraktekkan cara menceperkan mobil sedan sendiri sekitar 3 atau 4 cm dengan gampang, kalau soal harga juga terjangkau.

5. Coilover

Kalau pakai cara ini tinggal beli satu paketan shock dan per. Bedanya dengan shock kit di nomer 3, kalau yang ini bisa diatur penyetelan tinggi atau rendah untuk shocknya beserta tingkat kekerasannya. Saat ini di pasaran sudah banyak pabrik yang mengeluarkan produk-produk coilover mereka meski bisa dibilang lumayan mahal, tapi yang penting ini salah satu cara termudah.

Itulah beberapa cara menceperkan mobil sedan yang bisa dicoba, pilihlah yang menurut Anda paling bisa memberikan tingkat keamanan dan kenyaman berkendara maksimal. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *