4 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Untuk Ganti Komponen

Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil memang akan mempermudah perbaikan pada oli yang berkurang karena merembes. Salah satu tanda adanya kerusakan di bagian oli mesin mobil yaitu oli mesin yang berkurang dengan sendirinya. Ada banyak faktor penyebab kenapa oli mesin berkurang misalnya saja kerusakan di bagian karter atau baut penyumbat lubang penguras oli atau masalah pada seal oli. Sebagian masalah bisa diatasi tanpa perlu membongkar mesin, meski sebagian besar lainnya terpaksa harus dilakukan pembongkaran di mesinnya.

Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin dan ganti komponen

Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Untuk Ganti Komponen

Pemakaian oli di mobil bisa berkurang karena beberapa penyebab, misalnya saja karena panas yang terus menerus atau kebocoran di sektor mesin. Kekurangan oli akan membuat kerja mobil kurang maksimal dan untuk mengatasinya yaitu dengan menambahkan oli baru supaya kapasitas oli tetap sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Ini memang solusi sementara dan Anda juga harus memastikan bahwa oli yang digunakan untuk menambah sama dengan atau sesuai dengan oli yang lama agar olinya tidak berpisah dan terjadi endapan. Atau Anda juga bisa mengganti olinya secara menyeluruh.

Cara mengatasi oli bocor tanpa membongkar mesin dan mengganti komponennya yaitu:

  1. Perhatikan ring mobil
    Baut karter oli biasanya dilengkapi dengan ring yang berfungsi untuk mencegah kebocoran oli. Kadang ring ini tanpa sengaja tak ikut dipasang entah karena hilang/ jatuh atau bercampur dengan oli bekas. Pertama-tama pastikan bahwa ring ini ada karena jika hilang atau rusak maka bisa jadi itu penyebab oli rembes. Jika hilang maka terpaksa harus segera diganti. Dan Anda juga tak perlu memakai seal tape kalau sudah ada ring ini di tempatnya.
  2. Pakai seal tape
    Kalau tidak ada ring pada karter oli maka Anda bisa memakai seal tape untuk mencegah kebocoran di karter. Meski pemakaian ring tetap lebih direkomendasikan. Tapi Anda bisa menggunakan seal tape secukupnya saja sampai membungkus semua ulir baut.
  3. Mengencangkan karter oli
    Cara sederhana untuk mencegah terjadinya kebocoran atau rembesan oli pada mesin yaitu dengan memastikan bahwa karter olinya dalam keadaan kencang. Jika karter kurang kencang maka oli bisa merembes, tapi kalau terlalu kencang maka komponen tersebut juga bisa dol dan akhirnya menyebabkan bocor. Jadi, buat kekencangan yang pas saja. Gunakan kunci ring dengan ukuran yang sesuai untuk mengencangkan karternya.
  4. Baut jangan miring
    Pada karter oli, Anda juga harus memastikan bahwa baut yang terpasang tidak miring. Jika bautnya miring, maka akan terasa berat hingga akhirnya dapat merusak ulir karter dan bautnya sendiri. Baut bisa dol dan saat oli mau ditambahkan maka dapat merembes melalui baut penguras olinya. Supaya tak miring, Anda bisa memasang baut dan pastikan sudah kencang kemudian jika sudah dipasang sempurna baru kencangkan dengan kunci.

Memang paling gampang untuk cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin dan mengganti bagian komponennya yaitu dengan memakai seal tape atau seal packing. Bisa dibeli di pasaran dengan varian harga berbeda tergantung merek dan kualitasnya. Paling murah kisaran harganya sekitar Rp 20 ribu – Rp 50 ribu. Tapi ingat, solusi menggunakan sealer ini hanya sementara karena lama-lama bisa terjadi kebocoran lagi. Solusinya lebih baik diperbaiki bagian bautnya yang lebih terjamin hasilnya dan lebih aman juga. Semoga tips ini bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *