4 Cara Membuat Shock Belakang Motor Jadi Empuk

Kondisi shock belakang motor dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara dan penumpang motor. Shockbreaker bagian belakang yang keras dapat menyebabkan hentakan motor sangat keras saat perjalanan. Cara membuat shock belakang motor jadi empuk dapat mengatasi hal tersebut.

Permasalahan seperti ini biasanya terjadi kalau motor sudah lama digunakan. Motor yang usianya sudah lebih dari 1 tahun, maka lama-kelamaan shockbreaker belakang jadi keras. Faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa karena banyak hal, seperti shock yang sudah mati atau rusak serta oli yang bocor. Berikut cara mengatasinya.

Cara membuat shock belakang motor jadi empuk lagi

Cara membuat shock belakang motor jadi empuk lagi

Tugas shockbreaker adalah sebagai pelindung motor dari beragam komponen di atasnya serta meredam getaran. Shock yang rusak atau menjadi keras harus segera diatasi dengan cara memperbaiki shock belakang motor yang keras berikut:

Melepas kemudian membongkar shock

Agar dapat melepaskan dan membongkar shock, Anda perlu mencopot bagian roda belakang, spakbor, rumah piston rem, dan baut. Tekan penutup shock yang ada di bagian atas lalu congkel ring pengunci untuk melepas shock bagian belakang. Setelah itu lepas per shock di tabung dan tuanglah olinya.

Cek seal oli

Pakailah kunci L berukuran 6 mm untuk mencopot tabung shock yang ada di bagian dalam. Jangan lupa lepas juga baut L yang berada di bawah tabung bagian luar. Cek kondisi tabung dengan memakai damper rod dan rebound spring untuk mengetahui apakah rusak atau ada goresan, jika iya maka harus segera diganti. Seal oli juga perlu diganti kalau misalnya ada kebocoran.

Ganti seal oli

Cara memperbaiki shock belakang motor jika seal oli rusak adalah menggantinya dengan komponen baru. Letakkan bearing roda bekas kemudian dengan palu plastic ketuklah sealnya. Lalu pasanglah rebound spring, ring pengunci, tabung shock, dan damper yang ada di bagian dalam. Putar baut pengikat agar rapat.

Mengisi kembali oli

Pilihlah oli khusus untuk mengisi shockbreaker dan isilah tiap tabungnya kira-kira kurang lebih sebanyak 64 ml. Per dengan ulir bawah dipasang lagi yang renggang, sedangkan untuk ulir atas dipasang yang rapat. Setelah itu lanjut dengan memasang tutup atas shock serta ring penguncinya. Secara bersamaan pasang shock pada motor. Kencangkan baut kemudian tutup shocknya dengan ditekan memakai obeng. Pasang juga kuncinya.

Shock yang keras dapat dibuat menjadi empuk kembali dengan cara membuat shock belakang motor jadi empuk di atas. Kalau kebocoran oli sudah selesai diperbaiki, maka masalah tersebut dapat diatasi. Kalau sudah diganti maka kejutan atau hentakan motornya jadi lebih ringan dan tidak terlalu keras sehingga pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat mengendarai motor di perjalanan. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *