3 Perbedaan Type Mobil Avanza Seri E, G, dan Veloz

Mobil Avanza sebagai mobil sejuta umat yang berkapasitas penumpang banyak diluncurkan dengan berbagai macam tipe yang berbeda-beda. Perbedaan type mobil Avanza pun juga bisa dilihat dari segi baik harga serta spesifikasi. Jadi, jika Anda saat ini berkeinginan untuk membeli mobil keluaran Toyota ini, mari simak beberapa perbedaan tipe mobil Avanza dari seri E, G, dan Veloz. Dari situ Anda bisa paham dan memilih mana tipe mobil yang tepat sesuai selera serta budget Anda.

3 Perbandingan Type Mobil Avanza: Seri E, G, dan Veloz

Toytota avanza seri g warna putih

Diantara ketiga seri Avanza yang sudah disebutkan di atas, seri E merupakan tipe yang paling murah dan rendah diantara dua seri yang lain. Berikut perbedaan type mobil Avanza secara lebih mendetail:

Segi tampilan luar dan dalam

Berbicara soal tampilan, jika dilihat secara sekilas nampak bahwa ketiga seri ini memiliki desain yang kurang lebih hampir sama sehingga seperti kembar. Tapi, jika diperhatikan lebih seksama, ada beberapa perbedaan seperti pada seri E yang dipasangi dengan grill radiator dimana memiliki warna senada dengan badan mobilnya dan di bagian depan juga terpasang lampu hollogen dengan multi reflektor. Sedangkan seri G dan Veloz terdapat gril yang dilapisi chrome serta tersedianya fog lamp menawan.

Selain itu, tipe E ini masih memiliki bumper yang terbilang standar, sedangkan untuk dua seri yang lain sudah dipasangi spion elektrik dan sign, untuk gagang pintunya bahkan dilengkapi oleh chrome.

Mengenai desain interior mobil Avanza, semuanya sama-sama nyaman dan juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti sabuk pengaman, AC double power, jok, dan power window. Namun, tetap saja rupanya ada perbedaan kecil yang bisa dilihat pada jenis jam digitalnya. Seri E tidak dibekali dengan jam digital di bagian meter kombinasi seperti seri G.

Segi dapur pacu/mesinnya

Mengenai mesin, ketiganya dibekali jenis mesin yang sama, yaitu VVT-i, DOHC, dan EFI. Tapi yang membuat perbedaan tipe mobil Avanza dari segi dapur pacunya hanyalah kapasitas cc yang diberikan, sebagai berikut:

  • Seri E hanya ditawarkan dengan kapasitas 1.300 cc
  • Seri G ditawarkan dengan 2 kapasitas berbeda, 1.300 cc dan 1.500 cc
  • Seri Veloz hanya ditawarkan dengan 1 kapasitas, yaitu 1.500 cc

Harga yang dibanderol

Biasanya seseorang dapat melihat perbedaan kualitas suatu mobil dari harga yang ditawarkan, maka untuk itu berikut kisaran harga mobil Avanza dari 3 seri ini:

  • Avanza 1.3 E Manual  = Rp. 163 jutaan
  • Avanza 1.3 G Manual = Rp. 179 jutaan
  • Avanza 1.3 G Automatic = Rp. 189 jutaan
  • Avanza 1.5 G Manual = Rp. 186 jutaan
  • Avanza Veloz 1.5 Manual = Rp. 192 jutaan
  • Avanza Veloz 1.5 Automatic = Rp. 203 jutaan

Dari daftar harga type mobil Avanza di atas, jelas sekali terlihat perbedaannya. Untuk seri Veloz memang yang paling mahal dan pastinya merupakan seri yang paling berkualitas dibandingkan dua seri yang lain.

Mobil avanza tahun 2016 warna biru tua

Mobil Avanza merupakan mobil yang membidik pasaran low-end MPV dan amat diminati oleh banyak orang. Meski varian seri E memiliki harga yang paling rendah, tetapi performa serta kenyamanan yang diberikan tak kalah dengan dua seri yang lainnya. Selain itu, ketiga seri Avanza ini merupakan kendaraan keluarga yang hemat bensin alias irit BBM. Jadi Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki type mobil Avanza di atas.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *