2 Cara Membuat Avanza Senyaman Sedan Saat Dikendarai

Membuat Avanza senyaman sedan memerlukan sebuah trik tersendiri. Sebagai salah satu mobil murah untuk keluarga buatan Toyota, memang tak dapat dipungkiri kalau terkadang ada beberapa hal yang membuat pengendara tidak nyaman saat menaikinya. Misalnya suspense yang terlalu keras hingga kabin yang bising atau berisik.

Selain itu, dalaman Avanza yang kerap kali membuat bodi bergoyang atau goncang ketika melaju terlalu kencang dengan kecepatan tinggi. Hal ini sebenarnya bisa diakali dengan sedikit trik sehingga membuat Avanza lebih nyaman seperti sedan.

Trik membuat Avanza senyaman sedan

Membuat avanza senyaman sedan

Pertama-tama kita harus tahu permasalahan apa yang sering terjadi pada mobil Avanza sehingga membuat tidak nyaman pengendara, serta cara mengatasinya sebagai berikut:

Suspensi Avanza keras

Mobil Avanza memiliki suspensi keras terutama yang keluaran 2008 ke bawah. Sebenarnya suspensi yang keras ini sengaja dirancang untuk bisa memuat 7 orang penumpang supaya tidak gasruk ketika muatan mobil berat. Tapi, jika jarang bepergian dan tidak membawa muatan banyak, jelas suspensi yang keras bisa membuat tidak nyaman.

Faktor yang membuat mobil Toyota Avanza keras adalah bagian per keong/ pegas spring serta shockbreaker. Agar suspensi jadi lebih empuk, maka Anda bisa mengganti kedua komponen tersebut dengan komponen yang lebih nyaman sehingga hasilnya suspensi jadi lebih empuk. Anda bisa mengganti pada bagian per keongnya saja, dapat diganti dengan komponen aftermarket ada banyak. Kalau masih merasa kurang nyaman bisa sekalian diganti shockbreakernya.

Anda bisa gunakan komponen mobil lain seperti Innova, jika memakai komponen aftermarket memang mahal bisa jutaan rupiah. Biasanya harga komponen shockbreaker dapat mencapai Rp 2 jutaan untuk aftermarket seperti merek King Spring. Namun, kalau mau lebih murah dapat gunakan komponen second atau bekas dari kendaraan lainnya yang masih layak pakai, misalnya seperti Innova tadi. Inilah tips membuat Toyota Avanza senyaman sedan, Anda bisa coba ganti beberapa komponen di atas.

Suara yang bising di mesin mobil

Keluhan kedua yang mungkin sering terjadi adalah tentang suara mesin mobil yang terlalu berisik. Jika suara mobil Avanza Anda terlalu keras alias bising maka ada cara untuk mengakalinya. Caranya yaitu dengan memakai lembaran peredam aftermarket khusus untuk mobil. Anda bisa memasang peredam tersebut di bagian dinding pembatas antara kabin atau firewall dengan ruang mesin.

Bagian ini adalah bagian yang sering membuat suara bising pada mesin gampang masuk ke kabin. Dengan memasang peredam ini tidak akan membuat rusak bagian dalam kabin sehingga aman digunakan. Apalagi peredam tinggal ditempel saja karena sudah ada lem perekatnya.

Peredam ini bisa dibeli di toko komponen mobil mana saja. Agar kerjanya lebih maksimal maka gunakan 2 lembar peredam dari bahan aspalt pada bagian firewall. Namun, sebaiknya juga jangan memasang peredam terlalu banyak karena bisa membuat beban mobil jadi tambah berat. Pasang saja sesuai kebutuhan hingga suaranya sudah tidak terlalu bising lagi.

Itulah beberapa tips membuat Avanza senyaman mobil sedan. Sebenarnya banyak mekanik yang sering mengatakan alasan Toyota Avanza tidak nyaman ada pada bagian kaki-kakinya yang memang sedikit limbung. Hal ini karena pada bagian shockbreaker atau suspensi-nya yang tidak terlalu baik. Untuk itu, Anda bisa fokuskan terlebih dahulu untuk mengganti komponen tersebut. Jika rupanya suara mesin juga terlalu bising hingga mencapai kabin, baru Anda bisa beri peredam seperti tips di atas. Semoga bermanfaat.


Tips dan Trik
Admin January 25, 2020 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *